CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 4 November 2015 09:00

Tak ada lagi opsi Favorite di Twitter, adanya Likes dengan ikon hati

Lewat pembaruan ini, Twitter berharap penggunanya bisa mengekspresikan lebih banyak emosi.

Tak ada lagi opsi Favorite di Twitter, adanya Likes dengan ikon hati

Techno.id - Mulai Selasa (03/11/15) malam WIB, akan ada hal yang berbeda di Twitter. Ya, Anda tak akan lagi menemukan opsi Favorite dengan ikon bintangnya yang sudah menjadi ciri khas. Sebab, Twitter telah menggantinya dengan opsi Likes, berikut ikon baru berbentuk hati.

Dengan hadirnya ikon hati yang dirasa lebih universal itu, Twitter ingin penggunanya bisa mengekspresikan lebih banyak emosi terhadap tweet yang mereka jumpai. Mengklik tombol Likes bahkan bisa berarti banyak hal, seperti ucapan selamat, kelucuan, empati, takjub, dan lain-lain.

Di satu sisi, Twitter menilai sendiri jika ikon bintang yang menunjukkan opsi Favorite tak cukup familiar, apalagi untuk user baru.

"Kami ingin membuat Twitter lebih mudah digunakan dan bermanfaat, dan kami tahu terkadang ikon bintang bisa membingungkan, terutama bagi newcomer," demikian tulis Akarshan Kumar, Product Manager Twitter, di blog resmi media sosial berumur 9 tahun itu (03/11/15).

Sebagai tambahan, update serupa juga diterapkan di Vine. Dengan ini, Twitter Inc. telah menyeragamkan semua platformnya dengan fitur yang sama. Sebelumnya, ikon heart sendiri sudah diterapkan Twitter Inc. di salah satu platform buatannya, yakni Periscope.

Kini, ikon Likes sudah bisa dilihat di Twitter untuk web, native app Twitter di Android dan iOS, Tweetdeck, juga Twitter for Windows 10. Sementara untuk Vine, baru tersedia untuk Vine di aplikasi Android dan web. Pembaruan serupa di Twitter untuk Mac dan Vine untuk iOS segera menyusul.

WHAT TO READ NEXT ?