CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 26 Januari 2016 16:00

Sayang sekali, medsos yang lebih tua dari Facebook ini segera ditutup

Menurut co-founder-nya, Friends Reunited sudah digunakan dengan tak semestinya.

Sayang sekali, medsos yang lebih tua dari Facebook ini segera ditutup

Techno.id - Dengan pengguna lebih dari 1,4 miliar, belum ada media sosial yang bisa mengalahkan Facebook saat ini. Walau kompetitor baru terus lahir dan menantang, sayangnya ada juga jejaring sosial yang harus menyerah dalam persaingan ini. Tragisnya, salah satu media sosial itu adalah Friends Reunited, yang secara umur lebih tua dari Facebook yang lahir tahun 2004.

Diluncurkan pada 1 Juli 2000 silam oleh sepasang suami-istri Steve dan Julie Pankhurst, Friends Reunited sebenarnya tergolong sebagai medsos yang unik. Platform ini menggabungkan konsep pencarian teman lama dengan mesin pencari jodoh, pekerjaan, hingga riset. Di akhir tahun 2000, Friends Reunited langsung kebanjiran 3.000 member dan melesat sampai 23,8 juta user di tahun 2010 lalu.

Menariknya, Friends Reunited pernah memiliki harga hingga £175 juta (sekitar Rp3 triliun) saat dibeli ITV tahun 2005 silam. Namun saat penggunanya mulai menurun, ITV menjualnya pada DC Thomson dengan kompensasi £25 juta (sekitar Rp493 miliar) saja empat tahun kemudian. Steve Pankhurst, sang co-founder, pun ditawari untuk menghidupkan Friends Reunited kembali beberapa waktu lalu dalam masa trial.

Ternyata, seperti dilansir oleh BBC.com (18/01/16), Steve mendapati bahwa media sosial buatannya itu tak lagi digunakan sebagaimana mestinya. Bahkan, banyak dari kontak user yang sudah tidak valid atau kedaluwarsa.

"Yang paling parah, Friends Reunited tak mampu lagi membayar operasional dan sebagai bisnis hal ini tentu tak bisa dilanjutkan. Akhirnya, walau sangat sedih, saya yakin ini saatnya untuk move on dan 'menidurkan' Friends Reunited," tulis Steve dalam post di Medium yang dikutip BBC. Rencananya, Friends Reunited akan ditutup bulan depan.

Kendati bukanlah media sosial pertama di dunia, Friends Reunited adalah jejaring sosial yang cukup tua di Inggris. Steve Pankhurst sendiri sedang berencana meluncurkan medsos anyar bernama Liife, di mana para user dapat memplot momen penting dalam hidupnya dan membagikannya ke orang-orang yang terlibat dengan momen itu saja.

WHAT TO READ NEXT ?