CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 24 Januari 2016 11:00

Lebih baik punya satu teman sejati daripada ribuan teman di Facebook

Punya ribuan teman di Facebook tak ada artinya.

Lebih baik punya satu teman sejati daripada ribuan teman di Facebook

Techno.id - Semua orang pasti mendambakan mempunyai teman yang banyak. Baik itu di dunia nyata maupun di dunia maya. Namun, jika Anda disuruh untuk memilih antara satu teman sejati dengan ribuan teman di Facebook, Anda pilih yang mana?

Ya, yang paling tepat adalah memilih satu teman sejati. Pasalnya, menurut Robin Dunbar, seorang profesor psikologi evolusioner di Universitas Oxford, ribuan teman di Facebook tidak akan peduli dengan Anda, bahkan mereka tak akan bersimpati dengan masalah yang menimpa Anda.

Robin juga melakukan penelitian atas pernyataan yang dia buat. Rata-rata orang yang dia teliti memiliki sekitar 150 teman di Facebook, tetapi hanya 14 teman yang benar-benar bersimpati dengan orang tersebut. Rata-rata dari mereka juga mengatakan bahwa hanya 27 persen teman yang dekat. Lalu, sisanya teman macam apa?

Ternyata, teman yang berjumlah ribuan itu juga termasuk teman Anda. Namun, karena hubungan Anda dengan mereka hanya sebatas menunjukkan aktivitas di beranda Facebook dan tidak bertatap muka secara langsung maka mereka menjadi tak peduli dengan hidup Anda.

Berbeda dengan teman sejati yang sering pergi bersama dengan Anda. Teman seperti ini memiliki kedekatan baik personal maupun emosional. Jadi, bisa dipastikan, saat Anda memposting status atau foto yang galau pasti mereka akan segera meresponnya, seperti yang dilansir oleh Independent (22/01/2016).

WHAT TO READ NEXT ?