CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 30 Januari 2016 18:00

Jual beli di Facebook boleh, asal bukan senjata

Saat ini, Facebook melarang pengguna menjual narkoba, bahan kimia, obat terlarang, dan senjata.

Jual beli di Facebook boleh, asal bukan senjata

Techno.id - Kemudahan jual beli di Facebook memicu berbagai kalangan masyarakat tak memedulikan apa yang mereka jual dan beli. Berbagai jenis barang bisa dijual dan dibeli dari Facebook. Maka tak heran, semua orang di Amerika Serikat bisa memiliki benda-benda berbahaya seperti senjata api. Mudahnya membeli senjata api ini membuat Amerika Serikat menjadi medan perang yang subur.

Akibatnya, banyak sekali tindakan kejahatan di Amerika Serikat. Melihat hal ini, Presiden Barack Obama tak bisa tinggal diam. Dia meminta media sosial termasuk Facebook untuk menghentikan jual beli senjata. Bahkan, pengguna juga dilarang untuk membagikan foto penjualan senjata di Instagram.

Bila pemimpin negara sudah memberikan perintah, maka Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook harus menurutinya. Tak perlu pikir panjang dan pemeriksaan, Mark Zuckerberg langsung melarang pengiklan melakukan penjualan senjata tanpa izin di seluruh Amerika Serikat. Namun, senjata yang mempunyai izin masih diberikan kelonggaran.

Bersamaan dengan pelarangan penjualan senjata ini, maka ketentuan tentang penggunaan Facebook sekalian diperbarui. Sebelumnya, ketentuan yang diperkenalkan pada bulan Maret 2014 ini melarang pemilik akun Facebook untuk melakukan jual beli narkoba, bahan kimia, dan obat terlarang. Kini, senjata juga dilarang diperjualbelikan di Facebook.

"Selama lebih dari dua tahun semakin banyak orang yang memakai Facebook untuk mencari barang dan melakukan jual beli. Namun, kami akan terus mengembangkan, menguji coba dan meluncurkan produk baru serta memperbaiki kebijakan yang mencerminkan evolusi ini," kata Monika Brickert, kepala bagian kebijakan produksi Facebook, seperti yang disadur dari AntaraNews (30/01/2016).

WHAT TO READ NEXT ?