Google perkuat keamanan dengan fitur Password Alert

Google perkuat keamanan dengan fitur Password Alert

Techno.id - Serangan phising semakin hari semakin subur saja pertumbuhannya. Kejahatan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait username dan password ini telah mendorong Google untuk meluncurkan fitur keamanan baru bernama Password Alert.

Sistem keamanan ini berupa ekstensi pada Chrome yang akan memperingatkan pengguna jika mereka mengetik password untuk akun Google di luar halaman sign-in Google. Hal ini merupakan tindakan untuk mewaspadai serangan phising yang berbahaya serta menjadikan Anda memiliki password yang berbeda pada setiap situs.

Untuk menjalankan ekstensi Password Alert di Chrome, pengguna harus menginstal ekstensi tersebut dan memiliki JavaScript. Pengguna juga bisa menjalankan ekstensi ini di mode incognito tetapi proses untuk menjalankannya sedikit rumit, seperti yang dikutip dari TheRegister (30/04/2015).

Setelah Anda menginstal ekstensi dan diinisialisasi oleh Password Alert, Chrome akan mengingat password akun Google Anda. Pihak Google hanya mengingat password Anda dan tidak akan membagikannya kepada siapa pun.

Apabila Anda mengetik password Anda ke situs lain di luar Google, Password Alert akan menampilkan pemberitahuan bahwa akun Anda berisiko terkena phising sehingga Anda dapat mengubah password Anda untuk melindungi akun Anda.

(brl/red)