Di AS, Facebook Messenger juga bisa dipakai berkirim uang

Di AS, Facebook Messenger juga bisa dipakai berkirim uang

Techno.id - Situs berita resmi Facebook newsroom.fb.com mengumumkan bahwa di samping sebagai aplikasi instant messaging, kini Facebook Messenger juga dapat digunakan untuk berkirim uang. Hal yang menarik adalah fitur mengirim uang di Facebook Messenger ini sangatlah mudah, cepat, dan bebas biaya. Selain itu fitur ini juga dapat digunakan di platform iOS, Android, dan Desktop.

Untuk memanfaatkan fitur Payment ini, menghubungkan akun Facebook dengan kartu kredit pengguna (Visa atau MasterCard) adalah syarat penting selain memiliki aplikasi Facebook Messenger di smartphone Anda. Hal yang cukup disayangkan adalah fitur ini hanya berlaku di Amerika Serikat dan hingga kini masih belum ada penjelasan resmi Facebook untuk menyebarkan fitur ini secara global.

Cara menggunakan fitur baru ini juga sangat mudah. Untuk mengirimkan uang pengguna cukup membuka chatbox kepada lawan bicara yang akan dikirimkan uang. Kemudian tekan logo bergambar dollar ($) untuk memasukkan jumlah uang yang akan dikirim, dan selanjutnya tekan menu Pay di pojok kanan atas dan masukkan nomor kartu kredit untuk mengirimkan uang.

Langkah untuk menerima uang juga tidak berbeda jauh dengan cara mengirim uang. Cukup buka chatbox kepada lawan bicara yang akan mengirimkan uang, kemudian tekan menu Add Card dan masukkan nomor kartu kredit untuk menerima uang. Jika normal proses transfer akan langsung terjadi saat itu juga namun juga bisa memakan waktu hingga tiga hari kerja (tergantung akun Bank yang digunakan).

Fitur berkirim uang di Facebook Messenger ini menggunakan proses pembayaran yang sama dengan Facebook game players dan advertisers yang sudah digunakan sejak tahun 2007. Selama ini Facebook mengklaim sudah berhasil memroses lebih dari satu juta transaksi setiap harinya.

Di dalam beritanya Facebook juga menjelaskan, "Kami menggunakan sistem yang aman untuk mengenkripsi koneksi antara pengguna-Facebook-informasi kartu kredit. Kami menggunakan lapisan software dan hardware yang memenuhi standar industri tertinggi. Sistem pembayaran ini disimpan di dalam lingkungan yang aman dan terpisah dari bagian lain dari jaringan Facebook, serta menerima pemantauan dan kontrol tambahan oleh tim spesialis kami."

(brl/red)