Bakal saingi Apple, Facebook kembangkan asisten virtual pesaing SIRI

Bakal saingi Apple, Facebook kembangkan asisten virtual pesaing SIRI

Techno.id - Facebook nampaknya ingin menyaingi capaian yang diperoleh oleh Apple selama ini. Pasca meluncurkan layanan transfer tunai melalui pesan dan berencana meluncurkan layanan musik streaming, kini kabarnya jejaring sosial di bawah arahan Mark Zuckerberg tersebut bakal meluncurkan layanan asisten virtual.

Seperti dikabarkan oleh 9to5mac (13/7/15), asisten virtual yang kabarnya bakal diberi nama Moneypenny itu diklaim bakal menjadi pesaing SIRI nantinya. Belum ada informasi lengkap mengenai layanan "asisten pribadi" Facebook ini. Namun dari beberapa rumor yang beredar, Moneypenny agaknya akan mengusung sistem yang berbeda dari asisten virtual lainnya.

Disebutkan, Moneypenny bakal menggunakan "orang-orang nyata" dalam menjawab pertanyaan pengguna nantinya. Jadi, nanti Anda dikabarkan tak perlu mengirim pertanyaan Anda ke komputer untuk diproses, melainkan langsung bertanya dan mendapat jawaban dari "orang-orang nyata" tersebut.

Sejauh ini, Moneypenny kabarnya hanya akan digunakan untuk tujuan penelitian umum dan membantu Anda dalam berbelanja saja. Namun, pihak Facebook berjanji jika sudah siap nanti, bukan tidak mungkin layanan asisten virtual ini bakal lebih luas lagi.

Belum diketahui kapan rilis dari layanan ini. Yang jelas, saat ini Facebook masih sibuk melakukan serangkaian pengujian untuk layanan Moneypenny-nya tersebut.

(brl/red)