CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 19 Maret 2016 22:00

Petisi tolak algoritma baru Instagram didukung 175.000 orang

Hingga saat ini, petisi online tersebut telah ditandatangani oleh sekitar 175.000 orang

Petisi tolak algoritma baru Instagram didukung 175.000 orang

Techno.id - Beberapa hari yang lalu, Instagram mengumumkan bahwa mereka akan mengubah algoritma kronologis menjadi relevansi. Artinya, timeline Instagram bakal menampilkan konten yang bukan berasal dari hal terbaru, melainkan dari minat pengguna.

Uniknya, algoritma ala Facebook ini pun langsung mendapat perlawanan berupa petisi online. Sebagaimana dikutip dari situs resmi Change.org (15/03), petisi ini bertajuk #keepinstagramchronological dan telah ditandatangi oleh sekitar 175.000 orang.

Menurut petisi tersebut, algoritma baru Instagram akan membawa dampak besar bagi para seniman dan pelaku UMKM yang memanfaatkan platform Instagram. Dalam kasus ini, platform Instagram biasanya digunakan untuk berkomunikasi dan memasarkan produk atau layanan.

"Kami percaya jika algoritma baru (ala Facebook) ini akan merugikan pemilik usaha kecil dan seniman yang menggunakan platform Instagram untuk berkomunikasi dan memasarkan produk atau layanan mereka, termasuk komunitas di dalamnya," tulis petisi tersebut.

Selain berbentuk petisi, penolakan algoritma baru ini juga disambut ke dalam sebuah tagar bertajuk #RIPInstagram. Meski demikian, sejauh ini pihak Instagram sendiri masih belum menetapkan kepastian untuk benar-benar menerapkan algoritma baru itu.

WHAT TO READ NEXT ?