Inilah penampakan jantung buatan manusia pertama di dunia

Inilah penampakan jantung buatan manusia pertama di dunia

Techno.id - Pernahkah terbayangkan dalam benak Anda jika ada sebuah jantung buatan yang dibuat oleh manusia untuk menggantikan fungsi jantung asli? Nyatanya pada tanggal 4 April 1969 pernah tercatat seorang ahli bedah Amerika yakni Denton Cooley Arthur membuat sebuah jantung tiruan untuk menggantikan fungsi organ penting manusia itu. Menariknya lagi jantung buatan tersebut dipasangkan ke dalam tubuh Haskell Karp, seorang pasien berusia 47 tahun yang menderita penyakit gagal jantung.

Seperti dikutip dari Softpedia, jantung buatan yang memiliki bentuk menyerupai jantung sungguhan itu dulunya digunakan untuk mengganti fungsi jantung Karp sementara sebelum pihak medis menemukan donor jantung yang pas untuk pria tersebut. Meski awalnya operasi tersebut berhasil, ternyata setelah bedah intervensi yang kedua untuk menggantikan jantung buatan dengan jantung asli hasil donor, Karp harus menghembuskan napas terakhir akibat penyakit gagal jantung yang dideritanya tersebut.

Inilah penampakan jantung buatan manusia pertama di dunia

Jantung buatan manusia pertama di dunia 2015 softpedia.com

Jantung buatan yang saat ini dipamerkan di Smithsonian Institute, Washington DC, Amerika Serikat itu terbuat dari plastik dan kain serta dilengkapi dengan mesin pompa pneumatik ganda untuk menjaga darah mengalir dengan kecepatan tetap. Selain itu, jantung buatan ini juga dilengkapi dengan konsol eksterior yang dapat memudahkan ahli medis ketika itu mengatur aliran darah serta tekanan darah Karp.

Meski jantung buatan Arthur tersebut saat ini diakui sebagai sebuah terobosan besar dalam dunia medis, tapi 46 tahun silam ketika operasi bedah pergantian jantung asli ke buatan dilakukan, dunia mengkritik Arthur dan tim medis besar-besaran karena dituduh melakukan pelanggaran kode etik tenaga medis kala itu.

(brl/red)