CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 20 Oktober 2015 19:00

Ternyata mencuci piring dapat menghilangkan stres

Menurut para ilmuwan, mencuci piring dengan penuh kesadaran dapat menghilangkan stres.

Ternyata mencuci piring dapat menghilangkan stres

Techno.id - Mendengarkan musik classic atau pergi ke pantai dipercaya dapat menenangkan pikiran. Namun, apakah Anda percaya jika mencuci piring juga dapat meringankan beban pikiran? Pastinya, beberapa dari Anda ada yang tak percaya dengan hal itu. Tetapi sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Mindfulness melaporkan bahwa mencuci piring merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan stres, bahkan dapat meningkatkan kesejahteraan mental.

Dalam penelitian yang dilakukan Adam W. Hanley tersebut mengungkap, ternyata bau sabun cuci serta kolaborasi air dengan piring juga dapat memicu terciptanya pikiran positif. Bagaimana mungkin? Seseorang yang berkonsentrasi penuh saat mencuci piring dan tak memikirkan hal lain memungkinkan mereka dapat menghilangkan pikiran negatif, mengurangi depresi, serta meningkatkan tidur yang berkualitas.

Jika Anda belum percaya, ilmuwan Adam W. Hanley yang merupakan seorang kandidat doktor di Florida State University beserta rekannya akan membuktikan temuannya kepada Anda. Bahkan, mereka telah merekrut 51 mahasiswa untuk membantunya dalam melakukan penelitian ini.

Saat itu, para peneliti membagi subyek menjadi dua kelompok, yang satu diminta mencuci berdasarkan pengalaman pribadi, satunya berdasarkan latihan yang diberikan para ilmuwan. Setelah menjalani serangkaian tahap penelitian, akhirnya dapat diketahui hasilnya. Dari situ, didapat kesimpulan bahwa peserta yang mencuci berdasarkan pengalaman pribadi tadi dapat menurunkan tingkat kegelisahan hingga 27 persen dan meningkatkan kesejahteraan mental hingga 25 persen.

Jadi mulai dari sekarang, Anda tak perlu jauh-jauh pergi ke pantai untuk menghilangkan stres karena cukup dengan mencuci piring maka pikiran negatif Anda akan lenyap. Selain itu, menurut ilmuwan tadi, sebenarnya tidak hanya mencuci piring, semua kegiatan sehari-hari yang dilakukan dengan penuh kesadaran (konsentrasi tanpa memikirkan hal lain) juga akan bermanfaat bagi tubuh dan pikiran Anda, seperti yang dilansir oleh Lifehacker.

WHAT TO READ NEXT ?