CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 9 Oktober 2015 08:00

Operasi penurunan berat badan memicu keinginan bunuh diri

Orang gemuk yang baru menjalani operasi penurunan berat badan rentan melakukan bunuh diri.

Operasi penurunan berat badan memicu keinginan bunuh diri

Techno.id - Menurut sebuah studi yang diterbitkan di Amerika Serikat, JAMA Surgery, operasi penurunan berat badan mempunyai risiko dapat mencelakakan seseorang, termasuk upaya dan keinginan untuk bunuh diri. Sebelumnya, sudah banyak penelitian yang mengungkap hal serupa, terutama pada pasien yang bertubuh gemuk.

Memang terasa instan, operasi penurunan berat badan dapat mengakibatkan sebanyak 60 persen sampai 80 persen pengurangan berat yang berlebihan dalam waktu satu tahun setelah operasi. Hal ini memicu seseorang dapat melakukan tindakan yang membahayakan dirinya sendiri. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Junaid Bhatti dan beberapa rekannya dari Lembaga Penelitian Sunnybrook, telah mempelajari 8.815 orang dewasa Kanada yang menjalani operasi untuk mengurangi kegemukan. Bahkan, mereka meneliti catatan medis setiap pasien, tiga tahun sebelum dan tiga tahun setelah operasi. Hasilnya, sebanyak 111 pasien menimbulkan 158 kondisi darurat karena mencelakakan dirinya sendiri selama masa studi.

"Secara keseluruhan, temuan ini mengisyaratkan bahwa masih ada pekerjaan yang perlu dipahami mengapa perilaku membahayakan diri sendiri meningkat selama masa pasca-operasi dan bagaimana risiko ini bisa dikurangi," kata peneliti, seperti yang dilaporkan oleh AntaraNews (8/10/15).

Walaupun sedikit pasien membahayakan diri mereka sendiri, resiko munculnya kondisi semacam itu meningkat rata-rata 50 persen setelah operasi, kata para peneliti tersebut.

WHAT TO READ NEXT ?