Benarkah minum kopi pahit dapat menyebabkan psikopat?

Benarkah minum kopi pahit dapat menyebabkan psikopat?

Techno.id - Sekelompok peneliti dari Innsbruck University, Austria baru saja memublikasikan sebuah makalah yang menyatakan bahwa ciri-ciri kepribadian seseorang ternyata memiliki korelasi dengan selera makanan atau minuman yang biasa dikonsumsi.

Yang cukup mengejutkan, makalah tersebut menyebutkan jika peminum kopi hitam atau makanan dan minuman pahit lainnya dianggap memiliki kecenderungan dengan penyakit psikopat. Dengan kata lain, rasa empati mereka cenderung lebih sedikit.

"Hasil penelitian kami telah berhasil menunjukkan seberapa besar penikmat kopi hitam dapat menjaga kestabilan sisi 'kepribadian gelap' mereka," ujar salah seorang tim peneliti sebagaimana dikutip dari Softpedia (09/10).

Dalam melakukan penelitian, makalah tersebut mengungkapkan jika para relawan diuji dengan serangkaian percobaan. Pada dasarnya, intisari dari percobaan ini adalah memberikan relawan dengan aneka rasa makanan yakni manis, asin, asam, dan pahit.

Selanjutnya, para relawan diminta untuk menyelesaikan kuesioner yang dirancang untuk mengukur tingkat agresivitas para relawan. Lebih tepatnya, sejumlah pertanyaan yang dapat mengidentifikasikan ciri-ciri kecenderungan psikopat.

Setelah hasil percobaan dikumpulkan yang kemudian dianalisis, para peneliti mengaku telah menemukan ciri-ciri kepribadian yang tak umum dari para relawan. Dalam hal ini, yakni relawan yang menyukai sajian dengan rasa pahit.

"Preferensi rasa pahit di sini (penelitian) muncul sebagai prediktor kuat yang mengarah kepada tindakan psikopat, narsisme, dan sadisme sehari-hari para relawan," tulis tim peneliti dalam makalah tersebut.

Tim peneliti mengklaim, mereka tidak pernah berusaha untuk menggiring para relawan yang menyukai rasa pahit untuk dekat dengan ciri-ciri psikopat. Akan tetapi, hasil tersebut muncul berdasarkan analisis murni.

(brl/red)