Ternyata berdiet bisa kurangi risiko kanker payudara

Ternyata berdiet bisa kurangi risiko kanker payudara

Techno.id - Tahukah Anda, selain baik untuk menghilangkan lemak dan membentuk tubuh, berdiet ternyata dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita? Ya, menurut penelitian asal Spanyol diet ala Mediterania dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita.

Diet Mediterania sendiri adalah diet yang mengharuskan seseorang mengonsumsi banyak buah dan sayur. Nah, dalam penelitian ini diet Mediterania dengan lebih banyak mengonsumsi buah zaitun dilaporkan dapat mengurangi risiko kanker payudara sebesar 68 persen.

Seperti dikutip dari LiveScience, studi yang dipimpin oleh Dr Miguel Martinez-Gonzales ini menemukan bahwa semakin besar persentase kalori yang berasal dari buah zaitun, maka semakin rendah risiko terkena kanker payudara. "Setiap 5 persen kalori pada buah zaitun, risiko kanker payudara dapat berkurang sebanyak 28 persen," jelas Martinez-Gonzales.

Selain dapat mengurangi risiko kanker payudara, kandungan senyawa polifenol pada buah zaitun juga dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung serta dapat mengurang efek penurunan kognitif otak. Oleh karena itu, peneliti sangat menganjurkan banyak wanita diet ala Mediterania karena banyak efek positif yang didapat dari diet tersebut.

"Kami mengajurkan banyak orang mulai berdiet dengan banyak mengonsumsi buah maupun sayur atau salad dengan minyak dari buah zaitun. Selain itu, kami juga mengajurkan untuk mengurangi konsumsi daging merah dan daging olahan, cake untuk dessert, soda, dan junk food alias makanan cepat saji," ujar Martinez-Gonzales.

(brl/red)