Manfaatkan cahaya, peneliti buat teknologi transmisi anti penyadapan

Manfaatkan cahaya, peneliti buat teknologi transmisi anti penyadapan

Techno.id - Banyaknya kasus pelanggaran privasi, baik berupa penyadapan atau pengambilan informasi pribadi tanpa seizin penggunanya membuat sekelompok peneliti asal Stanford University berinisiatif menciptakan sebuah teknologi baru yang dapat membantu meningkatkan keamanan internet. Uniknya, teknologi ini ternyata memanfaatkan sifat kuantum pada cahaya untuk membuat teknologi transmisi yang anti penyadapan.

Sebagaimana dilansir oleh NDTV (30/1/16), Jelena Vuckovic, profesor teknik listrik dari Stanford yang juga anggota peneliti mengungkapkan bahwa teknologi nano yang diciptakannya ini dapat membantu komputer konvensional berkomunikasi lebih cepat dan lebih efisien dengan menggunakan cahaya ketimbang listrik. Ia membuktikan bahwa laser nano yang dimodifikasinya dapat digunakan secara efisien untuk menghasilkan cahaya kuantum untuk komunikasi.

"Kami menciptakan sebuah cara untuk menyaring cahaya yang tak diinginkan, memungkinkan kita membaca sinyal kuantum jauh lebih baik," ujar Vuckovic dalam artikel yang diterbitkan di jurnal Nature Photonics.

Vuckovic menambahkan, penyaringan cahaya bekerja dengan cara yang mirip seperti proses noise-cancelling pada headphone. Namun, bukannya suara yang diredam melainkan cahaya yang diredam.

"Ini adalah perkembangan yang sangat menjanjikan dan memberikan kita dengan jalur praktis untuk mengamankan komunikasi kuantum," pungkas Vuckovic.

Saat ini, Vuckovic dan tim peneliti lainnya sedang bekerja menciptakan prototipe teknologi ini sehingga di masa depan bahaya penyadapan tak perlu lagi dikhawatirkan.

(brl/red)