Teknologi ini dapat memadukan segala perangkat seperti mainan LEGO

Teknologi ini dapat memadukan segala perangkat seperti mainan LEGO

Techno.id - Sekarang, Anda banyak diberikan kemudahan dari berbagai teknologi canggih. Sehingga Anda tidak perlu terlalu banyak bersusah payah dalam melakukan suatu hal karena kebanyakan benda dapat berjalan secara otomatis. Seperti salah satu teknologi berikut ini yang mampu memadukan segala perangkat dan menjalankannya secara otomatis.

Sebuah perangkat mini ini dinamakan Mesh. Alat ini diciptakan oleh tim insinyur dari Sony di Jepang. Mereka membuat Mesh agar dapat bekerja mirip permainan LEGO yang menghubungkan beberapa mainan. Alat ini begitu kecil dengan ukuran 48 x 24 x 12mm. Selain itu Mesh juga disediakan dengan warna yang variatif.

Menurut info dari Wired, Mesh adalah sebuah perangkat keras mirip domino yang kinerjanya terhubung dengan perangkat lunak pada tablet Anda (melalui bluetooth). Alat yang didukung dengan sensor sederhana ini memiliki empat jenis penggunaan yang berbeda, seperti accelerator, button, LED dan GPIO (General Purpose Input Output). Jika Anda sedang membuka aplikasi Mesh, Anda akan ditawarkan sebuah tampilan visual yang sederhana dengan beberapa fungsi dan empat ikon Mesh.

Aplikasi Mesh memungkinkan Anda dapat merancang sendiri cara kerjanya dari aplikasi Mesh di tablet. Misalkan, ketika Anda masuk kamar, Anda ingin lampu dan musik di kamar Anda dapat menyala otomatis. Maka, Anda cukup menyeret tiga buah Mesh (button, LED, accelerator) dan beberapa fungsi lain seperti timer serta speaker pada bidang kerja. Kemudian Anda dapat menghubungkan semuanya (secara seri atau paralel), Anda juga dapat mengatur seberapa cepat musik atau lampu menyala pada fungsi accelerator dan timer.

Jika Anda berminat dengan Mesh, Anda dapat berkontribusi dalam penggalangan dana di Indiegogo. Alat ini akan diluncurkan di pasaran apabila telah terkumpul dana sekitar Rp 638 juta. Namun hingga kini, penggalangan dana untuk mewujudkan Mesh masih terkumpul sekitar Rp 510 juta dengan sisa waktu kurang dari tiga minggu. Semoga Anda segera dapat menikmati kecanggihan dari Mesh.

(brl/red)