Menatap smartphone ternyata bisa buat Anda tuli sementara

Menatap smartphone ternyata bisa buat Anda tuli sementara

Techno.id - Anda pasti pernah merasakan betapa kesalnya percakapan diabaikan teman saat mereka sedang menatap layar smartphone-nya. Dalam hal ini, menatap layar smartphone ternyata memiliki pengaruh pada pendengaran mereka.

Seperti yang dilansir oleh Tech Insider, para peneliti mengatakan jika hal ini karena terlalu fokus menatap layar sehingga membuat mereka mengalami tuli sementara pada suara di sekitar mereka. Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Neuroscience.

Dikatakan jika otak manusia memang bisa memproses banyak informasi sekaligus, namun sayangnya saat fokus kadang manusia gagal untuk mendengarkan suara sekitar. Bahkan dikatakan tidak mendengar sama sekali. Ahli psikologi menyebutnya Tuli Inattentional.

"Tuli Inattentional adalah pengalaman yang pernah dirasakan semua orang, dan sekarang kita tahu mengapa hal ini terjadi," ungkap Profesor Nili Lavie, peneliti UCL Institute of Cognitive Neuroscience.

Di sisi lainnya, Tuli Inattentional bisa jadi hal yang berbahaya karena saat Anda menatap smartphone maka Anda tidak peduli dengan suara yang ada di sekitar Anda. Bayangkan ini terjadi saat Anda menyetir.

(brl/red)