CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 21 Maret 2016 12:00

Studi: Video game justru membuat anak pandai bersosialisasi

Anak yang gemar bermain video game memang banyak mengundang persepsi negatif, namun sepertinya tidak selalu demikian

Studi: Video game justru membuat anak pandai bersosialisasi

Techno.id - Secara mayoritas, anak yang gemar bermain video game biasanya mengundang persepsi negatif. Uniknya, sebuah penelitian terbaru justru menunjukkan fakta yang berbalik. Jadi, seperti apa dampak positifnya?

Menurut penelitian yang diterbitkan di Social Psychiatry and Psychiatric Epidemiology, ilmuwan telah menemukan bahwa anak yang gemar bermain video game cenderung lebih pintar dan mampu bersosialisasi dengan baik.

Tak hanya itu, studi ini juga menyoroti perilaku anak yang justru berkemampuan lebih baik dalam berkelompok jika mereka memainkan banyak jenis video game. Salah satu contohnya seperti saat bekerja kelompok.

"Aktivitas sosial anak dapat meningkat karena mereka juga bermain video game dengan teman-teman mereka. Beberapa video game bahkan mengajarkan arti dari berbuat kebaikan," studi ini menyebutkan, sebagaimana dikutip dari GeekWire (17/03).

Ya, hasil studi ini memang tidak berarti mengharuskan sang anak bermain video game. Namun setidaknya bisa dijadikan sebuah parameter atas sikap paranoid orang tua akan dampak negatif anak saat bermain video game.

WHAT TO READ NEXT ?