CONNECT WITH US
Erick |
 18 Maret 2016 17:00

NASA akan melakukan percobaan yang cukup berbahaya

Setelah mengirim perbekalan ke stasiun luar angkasa, mereka akan membakar pesawat tersebut dari jauh. Untuk apa?

NASA akan melakukan percobaan yang cukup berbahaya

Techno.id - Sudah bukan rahasia lagi bahwa api juga membutuhkan oksigen. Jika tak ada zat 02 di sekitarnya, tentu saja api akan padam. Inilah yang membuat NASA ingin melakukan serangkaian uji coba yang sedikit berbahaya.

Seperti yang telah diberitakan oleh Tech Radar pada hari Jumat (18/03/16), NASA berencana meluncurkan sebuah kapsul berisi perbekalan ke stasiun luar angkasa internasional (ISS). Kapsul tersebut bakal diluncurkan pada tanggal 23 Maret nanti di Cape Canaveral, Florida.

Ilustrasi NASA
© 2016 boeing.com/boeing.com

Setelah perbekalan tersebut sampai dengan selamat, dan kapsulnya sudah bergerak hingga mencapai jarak yang cukup jauh dan aman dari stasiun luar angkasa, para peneliti akan meyulut api di dalam kapsul. Para peneliti telah mempersiapkan agar api tersebut bisa tersulut dari ground control yang terletak di Bumi.

Beberapa kamera akan memantau pergerakan api tersebut, lengkap dengan temperatur, oksigen serta CO2. Para peneliti tersebut mengatakan bahwa setidaknya api hanya akan bisa bertahan kurang lebih selama 20 menit saja.

Hal yang membuat NASA tertarik untuk menyelidiki adalah seberapa besar ukuran api, kecepatan, serta penyebarannya di ruang hampa udara tersebut. Mereka juga ingin mengetahui apakah microgravity dan persediaan oksigen yang terbatas berpengaruh pada percobaan tersebut.

 

WHAT TO READ NEXT ?