CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 19 Maret 2016 23:00

Berbekal gambar ini, ilmuwan temukan tahap awal pembentukan planet

Gambar yang berhasil di tangkap oleh VLA ini mampu menampakkan pembentukkan awal sebuah planet yang diduga akan mirip seperti Bumi.

Berbekal gambar ini, ilmuwan temukan tahap awal pembentukan planet

Techno.id - Baru-baru ini para peneliti angkasa luar atau para astronom mengungkapkan telah berhasil menemukan tahap awal pembentukan sebuah planet di jagat raya. Uniknya, para peneliti mengaku hanya bermodal gambar dari sebuah bintang baru yang dibidik oleh Very Large Array (VLA).

Gambar yang digunakan sebagai bahan penelitian itu diketahui merupakan gambar dari sebuah disk berdebu yang mengelilingi bintang. Jaraknya pun diketahui hampir 450 tahun cahaya dari Bumi.

Gambar bintang HL Tau yang berhasil diambil oleh VLA
© 2016 Carrasco-Gonzales and Bill Saxton NRAO/AUI/NSF

Sebagaimana dilansir oleh NDTV (18/3/16), dalam gambar tersebut nampak bahwa bintang yang diketahui bernama HL Tau itu melalui proses yang jauh lebih cepat dari waktu pembentukan planet lainnya yakni hanya sekitar satu juta tahun. Dalam gambar tersebut para peneliti menemukan rumpun yang berbeda dari debu di wilayah bagian dari disk yang berisi sekitar tiga sampai delapan kali massa Bumi.

"Kami percaya rumpun debu itu merupakan tahap awal pembentukan protoplanet, dan ini adalah pertama kalinya kamu telah melihat tahap ini," ujar Thomas Henning dari Max Planck Institute for Astronomy (MPIA).

Dengan adanya citra ini, para ilmuwan yakin bahwa mungkin saja dalam waktu dekat akan muncul planet baru yang mirip Bumi. Planet itu dilaporkan akan menjadi gumpalan debu yang tumbuh dan saat telah cukup waktu untuk mengumpulkan massa maka ia akan siap menjadi planet baru yang diperkirakan berbatu layaknya Bumi.

 

WHAT TO READ NEXT ?