Peneliti ciptakan printer untuk periksa virus HIV dalam darah

Peneliti ciptakan printer untuk periksa virus HIV dalam darah

Techno.id - Hingga saat ini HIV masih masuk dalam daftar virus yang paling mematikan di dunia. Sayangnya, biaya pemeriksaan yang harus dihabiskan untuk mengetahui apakah seseorang mengidap HIV atau tidak masih cukup mahal.

Untuk itu, beberapa peneliti asal University of texas at El Paso (UTEP) menciptakan sebuah printer portabel yang dapat memeriksa apakah seseorang mengidap HIV atau tidak. Menariknya, printer portabel ini hanya menghabiskan dana produksi yang cukup murah sehingga biaya yang diperlukan untuk memeriksakan tubuh dengan perangkat bertenaga baterai ini tidak jauh lebih mahal ketimbang memeriksakan tubuh dengan perangkat cytometer.

Seperti dilansir oleh ScienceDaily (13/10/15), printer portabel ini bekerja layaknya printer konvensional. Namun, menurut tim peneliti ada beberapa penyesuaian cara kerja printer yang disesuaikan dengan kebutuhan untuk menghitung jumlah sel CD4 dalam darah yang biasanya mengindikasikan apakah seseorang mengidap HIV atau tidak.

Peneliti menjelaskan, bahwa tinta yang biasa menjadi bahan utama untuk mencetak pada printer konvensional di sini diganti dengan sampel darah yang diambil dari tubuh pasien. Darah yang telah diambil dari pasien lalu dicampur dengan manik mikro magnet yang menempel ke sel CD4 dalam darah untuk kemudian dimasukkan ke dalam sebuah printer inkjet yang telah dimodifikasi.

Setelah itu, printer dinyalakan untuk kemudian mencetak darah secara horizontal ke slide mikroskopis magnet. Nah, sel CD4 yang secara otomatis melekat pada slide tersebut kemudian akan diteliti lebih lanjut oleh dokter melalui mikroskop untuk menghitung jumlah sel CD4 yang terkandung dalam darah.

Thomas Boland, Ph.D, seorang profesor metalurgi dan teknisi biomedis di UTEP yang juga anggota tim peneliti mengungkapkan bahwa printer portabel untuk memeriksa kandungan sel CD4 dalam darah ini hanya memerlukan waktu 20 menit saja untuk beroperasi. Menurutnya, waktu ini jauh lebih cepat dan juga menghemat biaya yang harus dikeluarkan pada prosedur pemeriksaan CD4 sebelumnya karena melibatkan banyak perangkat.

Lebih lanjut Boland mengungkapkan jika printer portabel ini bakal segera didaftarkan ke lembaga hak paten supaya dapat segera digunakan secara massal, terutama untuk negara-negara berkembang seperti Ethiopia dan negara di daratan Afrika lainnya, Meksiko, dan negara-negara berkembang di seluruh dunia.

Peneliti ciptakan printer untuk periksa virus HIV dalam darah

Printer portabel untuk memantau virus HIV dalam darah 2015Ivan Pierre Aguirre / UTEP News Service

(brl/red)