Sponge Suit, bikini pintar untuk selamatkan laut dari pencemaran

Sponge Suit, bikini pintar untuk selamatkan laut dari pencemaran

Techno.id - Mihri Ozkan, ilmuwan yang juga profesor teknik listrik asal University of California Riverside berhasil membuat terobosan teknologi berupa sebuah bikini pintar yang diklaim dapat menyelamatkan laut dari pencemaran lingkungan. Menurut Ozkan, bikini besutannya yang dijuluki Sponge Suit ini mampu menyerap polutan seperti minyak dan bahan kimia dari limbah rumah tangga yang saat ini telah banyak mencemari lautan di hampir seluruh penjuru dunia.

Seperti dilaporkan oleh CNET (12/10/15), bikini pintar yang juga dirancang oleh Cengiz Ozkan, Daisy Patino, dan Hamed Bay ini menggunakan bahan khusus yang disebut Sponge. Strukturnya yang menyerupai karbon berpori ringan dan fleksibel tersebut, membuat Sponge diklaim mampu menyerap segala sesuatu terkecuali air hingga 25 kali beratnya sendiri atau tergantung pada kepadatan materi yang diserapnya.

"Sponge merupakan bahan super yang tak berbahaya bagi lingkungan dan untuk memproduksinya pun tak membutuhkan biaya yang cukup banyak," ungkap Ozkan.

Ozkan menambahkan, bikini seberat 54gram ini dilaporkan dapat digunakan hingga 20 kali tanpa kehilangan daya serapnya. Selain itu, Sponge Suit juga dapat menjebak polutan dalam material pori-pori sehingga bisa dipastikan polutan tak akan bersentuhan dengan kulit si pemakai. Hal ini dikarenakan Sponge hanya dapat melepaskan kembali polutan yang telah diserap saat dipanaskan hingga suhu 1000 derajat celcius.

Ke depannya, tim peneliti berharap dapat membuat produk berbeda dari bahan baku Sponge ini. Seperti misalnya, membuat topi maupun pakaian sehari-hari yang dapat digunakan untuk menyelamatkan lingkungan dari pencemaran.

Sponge Suit, bikini pintar untuk selamatkan laut dari pencemaran

Desain Sponge Suit, bikini pintar yang diklaim bisa membantu mengatasi pencemaran laut 2015 University of California, Riverside

(brl/red)