Peneliti: Berbekal ponsel, kesehatan tubuh bisa dilacak dengan mudah

Peneliti: Berbekal ponsel, kesehatan tubuh bisa dilacak dengan mudah

Techno.id - Percayakah Anda jika di masa depan, Anda hanya memerlukan sebuah ponsel pintar untuk melacak kondisi kesehatan Anda? Ya, menurut hasil penelitian dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), di masa depan smartphone akan menggantikan fungsi fitness tracker yang saat ini marak digunakan untuk melacak kebugaran atau kondisi kesehatan beberapa organ tubuh manusia.

Seperti dikutip dari NDTV (16/11/15), untuk mewujudkan rencananya tersebut, para peneliti asal MIT menggunakan BioPhone, sebuah sensor cerdas yang terintegrasi dengan smartphone dan diklaim dapat memeriksa detak jantung, pernapasan, dan pengukuran fisiologis lainnya tanpa perlu Anda menyentuhnya. Ya, BioPhone besutan peneliti MIT ini memang unik karena dapat mengontrol keadaan fisiologis manusia dengan jarak yang cukup jauh.

BioPhone yang berasal dari sinyal biologis accelerometer smartphone ini diklaim dapat menangkap gerakan sekecil apa pun yang dihasilkan oleh detak jantung. Selain itu, sensor ini juga dapat menangkap gerakan khas dari dada yang naik turun saat Anda menghirup udara untuk melaporkan kesehatan paru-paru.

Uniknya, sensor ini diklaim tak hanya bisa mengontrol dan mencatat kondisi kesehatan saja, melainkan juga dapat menyarankan pengguna untuk latihan saat sistem mencatat jika Anda sedang dalam keadaan tak sehat. Bahkan, sistem nantinya diklaim bisa melakukan panggilan darurat ke orang-orang terdekat saat penggunanya mengalami serangan jantung atau keadaan kesehatannya nampak kurang baik.

Sayangnya, sensor BioPhone ini dilaporkan tak akan digunakan dalam waktu dekat. Pasalnya, hingga saat ini para peneliti masih mencari cara yang efektif untuk mengukur detak jantung atau ritme pernapasan saat smartphone dengan sensor BioPhone diletakkan pada jarak yang lebih jauh lagi, misalnya di saku belakang celana jeans.

(brl/red)