NASA punya proyek sebesar Rp 27 triliun, untuk apa?

Techno.id - Hingga saat ini, para ilmuwan NASA masih mencari tanda-tanda kehidupan di planet-planet dalam tata surya, termasuk satelit yang mengorbit pada planet tersebut. Satelit bumi yaitu bulan, telah beberapa kali diteliti. demikian juga dengan Mars, tetangga bumi yang berwarna merah.

Seperti yang dikutip dari Business Insider pada hari Jumat (20/11/15) lalu, NASA telah memberikan pengumuman pada bulan Februari, bahwa pihaknya sedang menginvestasikan dana sebesar Rp 27,6 triliun dalam misi perjalanan ke Europa.

NASA punya proyek sebesar Rp 27 triliun, untuk apa?

Europa adalah salah satu satelit Jupiter. Kabarnya, para ilmuwan telah menemukan bahwa Europa memiliki kandungan air yang sangat banyak, dan memungkinkan untuk dipakai bertahan hidup suatu hari nanti. Lalu apa rencana NASA?

Mereka sedang membangun sebuah pesawat yang bernama Europa Multi-Flyby Mission. Pesawat tersebut akan diterbangkan dan didaratkan di permukaan Europa. Mengapa para ilmuwan tertarik dengan satelit Jupiter tersebut?

NASA punya proyek sebesar Rp 27 triliun, untuk apa?

Para peneliti telah menemukan bahwa kandungan air dalam Europa jauh lebih banyak dibanding bumi, meski jumlah air di semua samudera digabungkan. Hal ini disebabkan oleh lapisan es yang berada di bawah permukaan tanah Europa. Jauh di bawah lapisan es tersebut, terdapat kandungan air yang jauh lebih dalam dibanding samudera.

NASA punya proyek sebesar Rp 27 triliun, untuk apa?

Para peneliti juga menambahkan, karena lapisan es sangatlah tebal, maka mengebornya dari permukaan sangatlah mustahil. Yang bisa dilakukan adalah mendekati retakan-retakan yang memancarkan air dari dalam perut Europa.

Sebenarnya penyelidikan ini telah berlangsung cukup lama. Bahkan tahun lalu NASA telah mengirim beberapa cryptorobot untuk menyelam menembus permukaan es Europa. Mungkinkah suatu hari nanti umat manusia bermigrasi ke satelit Jupiter ini? Bagaimana menurut Anda?