Oak Ridge Lab bangun rumah dan mobil 3D printed

Oak Ridge Lab bangun rumah dan mobil 3D printed

Techno.id - Teknologi 3D printing memang sudah mulai banyak digunakan dalam berbagai keperluan. Jika beberapa waktu lalu teknologi ini telah digunakan untuk membangun sebuah hotel berbintang 5 di Filipina, kini teknologi tersebut juga telah diterapkan pada dunia otomotif.

Seperti yang telah diberitakan oleh Auto Blog pada hari Sabtu (24/10/15), Oak Ridge Laboratory sedang mengembangkan sebuah rumah dan mobil hasil 3d printed. Tak hanya itu, keduanya bisa saling mentransfer tenaga listrik.

Proyek ini bernama AMIE (Additive Manufacturing Integrated Energy). Mobil hasil 3d printed yang sekilas tampak mirip Jeep tersebut mampu berjalan sejauh 56 km saat daya listriknya terisi penuh.

Oak Ridge Lab bangun rumah dan mobil 3D printed

Sedangkan rumah yang dikembangkan dalam proyek tersebut seluas 64m2. Rumah tersebut tak seluruhnya dibuat dengan 3D printed. Masih ada campur tangan manusia dalam pengerjaan dan pemasangan solar cell, serta kerangka yang terbuat dari baja.

Proyek ini juga melibatkan perusahaan besar seperti GE Appliances, Skidmore, Owings & Merrill, Johnson Controls, dan University of Tennessee. Bicara soal transfer tenaga listrik, mobil dan rumah 3d printed tersebut bisa melakukannya secara wireless.

Mobil tersebut hanya harus diparkir tepat di atas sebuah panel yang berada di depan rumah. Kemudian tinggal mengatur saja, energi listrik di alirkan ke mana, mobil atau rumah, sesuai dengan kebutuhan.

Bahkan mobil listrik hasil 3D printed ini telah dipamerkan di Detroit Auto Show yang digelar beberapa waktu lalu. Pada musim panas ini, proyek yang melibatkan 3D printed, kendaraan self driving bermesin listrik dan berkecepatan rendah ini akan diuji coba oleh University of Michigan. Kapan ya teknologi ini sampai di tanah air?

(brl/red)