CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 20 Maret 2016 17:00

Mungkinkah manusia dan dinosaurus hidup bersama?

"Hal itu hampir tidak mungkin."

Mungkinkah manusia dan dinosaurus hidup bersama?

Techno.id - Mayoritas dinosaurus memang diyakini sudah punah pasca Bumi digempur hujan asteroid 66 juta tahun yang lalu. Namun kalau sedikit beranda-andai, apa yang akan terjadi kalau asteroid itu tak jatuh ke planet ini? Apakah dinosaurus bakal tetap hidup dan berdampingan dengan manusia?

Nampaknya, hipotesis itu mustahil. Thomas Williamson, kurator paleontologi di New Mexico Museum of Natural History and Science, berargumen, "Hal itu hampir tidak mungkin."

Sebab, kepunahan dinosaurus memberi kesempatan bagi mamalia untuk berkembang dari segi ukuran dan spesies untuk kemudian mendominasi lingkungannya. Dulu sekitar era Mesozoikum, mamalia memang sempat hidup bersama dinosaurus. Akan tetapi, mamalia saat itu begitu inferior dan kecil dari segi ukuran - tak lebih besar dari kucing rumah. Parahnya, dampak hujan asteroid waktu itu tak cuma dirasakan oleh dinosaurus, tetapi juga mamalia.

"Mamalia tak akan pernah punya kesempatan untuk berevolusi di dunia saat itu, membebaskan diri dari dominasi dinosaurus," papar Steve Brusatte ketika ditanya bagaimana kalau dinosaurus tak punah.

"Kalau mamalia tak punya kesempatan tersebut, maka tak akan ada primata dan manusia," imbuhnya, seperti dikutip dari LiveScience.com (21/11/15).

Di budaya pop, imajinasi hidup dinosaurus dan manusia yang berdampingan digambarkan di film The Good Dinosaur. Film garapan Pixar itu menggambarkan persahabatan seekor Apatosaurus muda dengan seorang anak manusia purba.

WHAT TO READ NEXT ?