Meski menjijikkan, inilah binatang terkuat yang ada di bumi

Meski menjijikkan, inilah binatang terkuat yang ada di bumi

Techno.id - Bagi sebagian orang, kecoak adalah binatang yang kotor dan menjijikkan. Bgaimana tidak, serangga yang satu ini selalu ditemukan di tempat-tempat kotor seperti selokan atau tempat pembuangan sampah. Namun menurut para ilmuwan, kecoak adalah binatang paling sempurna dan paling kompatibel untuk hidup di bumi.

Kecoak masuk dalam ordo Blattodea, yaitu jenis serangga yang bertahan hidup di bumi selama lebih dari 300 juta tahun. Tak bisa dipungkiri, kecoak adalah survivor sejati. Bahkan ketika asteroid seluas 6,5km2 menghantam bumi 65 juta tahun yang lalu dan menyapu bersih semua kehidupan di bumi, kecoak masih bisa bertahan hidup meski bumi mendadak masuk pada jaman es.

Meski menjijikkan, inilah binatang terkuat yang ada di bumi

Kecoak Amerika
2016 pestop.com/pestop.com

Seperti yang telah diberitakan oleh The Verge pada hari Minggu (17/01/16) lalu, para ilmuwan telah menemukan bahwa seekor kecoak Amerika mampu bertahan hidup selama 40 hari tanpa air, dan satu setengah bulan tanpa makanan. Bahkan ketika berada di sebuah tempat tanpa oksigen, seekor kecoak mampu menahan nafas selama lebih kurang 40 menit.

Serangga ini bahkan mampu bertahan selama 30 menit saat berada di dalam air. Bagaimana dengan daya tahannya terhadap radiasi? Well, kecoak mampu bertahan terhadap serangan radiasi 10x lebih kuat dibanding manusia. Bahkan jika umat manusia punah akibat serangan nuklir, kecoak pun masih bisa bertahan hidup!

(brl/red)