Gelang plastik ini bisa mencegah kanker kulit

Gelang plastik ini bisa mencegah kanker kulit

Techno.id - Dari 100 ribu kasus kanker kulit, sebagian besarnya disebabkan oleh cahaya matahari yang berlebihan dengan ultaviolet (UV) yang jahat. Setidaknya kasus sebanyak ini terjadi di Inggris setiap tahunnya. Dr. David Hafazy, seorang peneliti di di Queen's University Belfast, percaya jika banyak yang terkena kanker kulit karena ingin mendapatkan vitamin D untuk tubuh mereka. Namun, justru terlalu banyak sehingga menyebabkan kanker kulit.

Untuk itu, ia memiliki solusi yang sederhana yakni dengan gelang plastik yang berisi tinta. Tinta tersebut akan memiliki warna, namun akan menghilang jika terlalu banyak terpapar sinar matahari jahat. Sehingga Anda bisa mengetahui jika warna tinta gelang ini menghilang dan menjadi bening itu artinya dosis mengkonsumsi sinar matahari tubuh Anda sudah mencukupi.

Gelang plastik ini bisa mencegah kanker kulit

"Hal ini untuk orang-orang yang peduli tentang potensi bahaya dari kanker kulit namun masih ingin bermain dan bersenang-senang di bawah sinar matahari," ujar Hafazy.

Bahkan, gelang ini dikatakan bisa digunakan untuk tabir surya, hal ini dimaksudkan untuk meniru reaksi kulit terhadap berapa lama Anda bisa bertahan di bawah sinar matahari dengan tabir surya kepercayaan Anda.

Sementara itu, sinar matahari terdiri dari UV A dan UV B. UV B adalah fokus dari teknologi gelang ini. Pasalnya, 80 persen dari kandungan UV B tersebut yang menyebabkan tumbuhnya kanker kulit pada kulit.

Gelang plastik ini bisa mencegah kanker kulit

Nah, Tinta gelang ini terdiri dari pewarna dan fotokalis yakni zat kimia yang bisa bereaksi saat terkena sinar matahari. Ketika fotokalis menyerap sinar UV, energi tersebut akan mendorong perubahan dalam pewarna. Sehingga dengan banyaknya energi yang diserap oleh tinta tersebut, maka pewarnanya akan menghilang. Dengan begitu Anda akan mengetahui, jika warna sudah mulai menghilang dan menjadi bening maka Anda harus cepat menarik diri dari bawah sinar matahari.

Produk ini memang akan dikomersialkan oleh Dr. David Hafazy, ia mengatakan jika produk ini akan dijual dengan harga yang murah yakni sekitar Rp 66 ribu sampai Rp 132 ribu. Untuk saat ini, ia masih meneliti soal tinta gelang ini, ia mengatakan jika nantinya tinta gelang tersebut akan bisa kembali berwarna saat malam hari untuk dikenakan kembali pada siang harinya.

Ia juga berharap jika nantinya gelang ini bisa menolong banyak orang dan bisa mengurangi kasus kanker kulit di Inggris maupun di dunia.


(brl/red)