Ini yang dilakukan bunga untuk memikat lebah

Ini yang dilakukan bunga untuk memikat lebah

Techno.id - Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa bunga mengeluarkan nektar untuk menarik perhatian lebah. Nektar itu sendiri merupakan cairan manis yang diproduksi oleh bunga dan menjadi sumber makanan bagi lebah. Pertanyaannya sekarang, dari sekian banyak bunga, bagaimana cara lebah memilih bunga yang disukainya?

Menurut temuan dari yang telah diterbitkan di Current Biology, ternyata beberapa bunga juga dapat menghasilkan kafein walau konsenstrasinya rendah. Nah, kafein inilah yang menjadikan lebah jatuh hati pada bunga tersebut. Para ilmuwan mengatakan, kafein pada bunga tertentu mampu membuat lebah kecanduan, seperti yang disadur dari SlashGear (15/10/15).

Jadi asal Anda tahu, lebah tak sembarangan mengambil nektar dari bunga. Dia harus memilih bunga mana yang paling banyak nektarnya dan yang terdapat kafein tentunya. Hal ini juga dibuktikan oleh penelitian bahwa lebah yang mengonsumsi nektar berkafein akan sering kembali ke bunga tersebut untuk mendapatkan nektar lebih banyak.

Namun, dari penelitian ini menimbulkan pertanyaan baru. Bukankah lebah menyukai nektar yang manis? Bila nektar tersebut mengandung kafein, berarti kadar manisnya sudah berkurang. Jadi, apakah sekarang lebah lebih menyukai nektar yang kurang manis? Lalu, bagaimana dengan hasil produksi madu nanti? Apakah madunya menjadi tak manis lagi? Permasalahan ini yang akan diteliti lagi oleh para ilmuwan.

(brl/red)