CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 15 Oktober 2015 12:00

Peneliti gunakan gelombang radio untuk beri perintah asisten pribadi

Hacker dapat memanfaatkan gelombang radio untuk mengakses smartphone Anda melalui perintah suara.

Peneliti gunakan gelombang radio untuk beri perintah asisten pribadi

Techno.id - Belum lama ini, para peneliti di organisasi keamanan Perancis ANSSI telah menemukan cara untuk mengirim gelombang radio ke mikrofon perangkat iOS dan Android. Gelombang radio ini dapat dimanfaatkan untuk menyimulasikan perintah suara. Jadi, para peneliti dapat meniru suara pemilik smartphone untuk mengakses ponsel melalui asisten pribadi, seperti yang dikutip dari TechCrunch (14/10/15).

Hal ini merupakan temuan berbahaya. Pasalnya, gelombang radio tersebut memungkinkan hacker untuk mengirim pesan pribadi, mengakses aplikasi, membuka file pribadi, bahkan mencuri uang Anda. Jadi, mereka tak perlu berada di dekat Anda karena gelombang radio dapat dikirim dari jarak jauh.

"Kami menggunakan interferensi elektromagnetik yang berdampak pada sistem informasi dari efek penolakan layanan klasik. Hasilnya, kami memperkenalkan teknik baru yakni perintah suara diam jarak jauh pada smartphone modern," tulis peneliti Jose Lopes Esteves dan Chaouki Kasmi pada makalah yang diterbitkan dalam Kompatibilitas elektromagnetik.

Mereka berdua juga memperingatkan kepada para perusahaan elektronik untuk melindungi speaker mini perangkat mobile-nya, sehingga dapat mencegah dari interferensi Radio Frekuensi (RF). Untung, bahaya ini dapat dicegah oleh Apple. Apple telah memberikan fitur pada iPhone untuk mematikan Siri dan hanya dapat diaktifkan menggunakan Touch ID serta Passcode di iOS.

WHAT TO READ NEXT ?