CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 14 April 2016 08:00

Hati-hati dengan Hiu Paus, kibasan ekornya bisa bikin Anda pingsan!

"Yang terkena kibasan ekor bisa tidak sadarkan diri atau terluka. Itu pentingnya wisatawan harus menjaga jarak."

Hati-hati dengan Hiu Paus, kibasan ekornya bisa bikin Anda pingsan!

Techno.id - Walau tergolong spesies ikan terbesar, yakni dengan ukuran rata-rata 9,7 meter, Hiu Paus berbeda dengan jenis hiu lainnya. Ikan yang juga dikenal dengan Hiu Tutul atau Geger Lintang (dalam Bahasa Jawa: Punggung Berbintang) ini merupakan pemakan plankton. Namun, jangan macam-macam dengan Hiu Paus mentang-mentang ikan itu bukan predator

Penyelam senior di Gorontalo, Rantje, mengungkap ancaman yang bisa ditimbulkan Hiu Paus.

"Yang terkena kibasan ekor bisa tidak sadarkan diri atau terluka. Itu pentingnya wisatawan harus menjaga jarak. Bukan malah mendekati hiu dan memeluknya," paparnya seperti dikutip dari Antara (12/04/16).

Argumen Rantje tersebut didukung oleh peneliti dari Whale Shark Indonesia dan World Wild Fund for nature (WWF), Casandra Tania. Menurutnya, selain ekor Hiu Paus yang memang besar dan kuat, kulit mereka juga tajam.

Anjuran ini berkaitan dengan adanya interaksi mengganggu para wisatawan di Gorontalo terhadap sekitar 10 ekor Hiu Paus yang muncul di perairan Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Tak cuma menyentuh dan memeluk, ada juga wisatawan teledor yang malah menunggangi ikan yang dapat hidup hingga 70 tahun itu.

Tentu saja hal ini tak bisa dibiarkan begitu saja, karena mengancam keselamatan Hiu Paus dan wisatawan sendiri. Terlebih, Antara turut melaporkan jika beberapa hiu telah luka di bagian bibir, punggung dan sirip. Bahkan ada juga seekor hiu yang sudah memiliki 13 luka sayatan di samping ingsang serta menunjukkan perilaku agresif.

WHAT TO READ NEXT ?