CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 7 Maret 2016 23:00

Gurita 'hantu' gentayangan di dekat Hawaii

"Hewan ini tergolong tidak biasa dikarenakan dia tidak memiliki sel-sel pigmen..."

Gurita 'hantu' gentayangan di dekat Hawaii

Techno.id - Nampaknya, tak cuma dalamnya hati seseorang yang susah dipahami manusia, tetapi juga dalamnya lautan. Sebab baru-baru ini, Okeanos Explorer, kapal penelitian bawah laut Amerika Serikat, menemukan sebuah gurita yang tampak seperti 'hantu'. Makhluk yang diduga merupakan spesies yang belum pernah ditemukan sebelumnya itu bergentayangan di dasar laut dekat Hawaii.

Gurita hantu itu tertangkap gambar oleh kamera yang dipasang di kapal bawah laut saat menjelajahi Samudera Pasifik di kedalaman 4.290 meter. National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mendeskripsikan hewan itu sebagai 'makhluk bulat, berwarna pucat dengan mata yang tidak menunjukkan ekspresi, serta tentakel yang tampak lemas'.

"Hewan ini tergolong tidak biasa dikarenakan dia tidak memiliki sel-sel pigmen, yang disebut dengan chromatophores, yang pada umumnya terdapat dalam hewan sefalopoda dan badannya tidak tampak padat," terang Michael Vecchione, seorang peneliti dan ahli ilmu hewan dari NOAA. Sefalopoda sendiri adalah klasifikasi yang mencakup binatang semacam gurita, cumi-cumi, dan sotong.

Melansir Reuters (05/03/16), gurita tersebut sekilas nampak seperti tokoh kartun Casper. Netizen pun menjuluki hewan berwarna putih susu itu dengan 'Casper si Hantu Baik Hati'.

WHAT TO READ NEXT ?