CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 2 Maret 2016 05:00

"Penyakit ini satu-satunya di Indonesia, tetapi menjadi sorotan dunia"

Menkes RI mengatakan penyakit demam keong atau schistosomiasis yang hanya ada di Sulteng sudah diawasi oleh banyak pihak.

Techno.id - Bagi warga di dataran tinggi Lindu, Napu dan Bada, Provinsi Sulawesi Tengah, penyakit demam keong atau schistosomiasis adalah momok. Penyakit langka ini menular melalui pembuluh darah dan mengakibatkan infeksi hingga menyebabkan perut bengkak. Bahkan jika tak segera diatasi, penderitanya bisa meninggal dunia.

"Penyakit ini satu-satunya di Indonesia tetapi menjadi sorotan dunia. Saya sering ditanya oleh dunia mengenai schistosomiasis," terang Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM (K).

Seperti dikutip dari Antara (01/03/16), Menkes mengkhawatirkan perilaku masyarakat setempat yang belum sadar betul akan kebersihan lingkungannya. Ia pun mengajak pihak lain seperti TNI untuk terlibat dalam mengatasi schistosomiasis, salah satunya lewat gerakan pembuatan jamban.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Poso menyebutkan jika penyebaran schistosomiasis berada di enam kecamatan dan tersebar di 26 desa, yakni Kecamatan Lore Timur, Kecamatan Lore Peore, Kecamatan Lore Tengah, Lore Selatan, Lore utara, dan Lore Barat. Sementara untuk Kabupaten Sigi sebanyak lima desa di dataran Lindu.

WHAT TO READ NEXT ?