CONNECT WITH US
Erick |
 15 Maret 2016 21:00

Gunakan aplikasi ini untuk menghindar dari gempa bumi!

Tak tanggung-tanggung, aplikasi ini dibuat oleh para ilmuwan agar masyarakat bisa menghindari gempa bumi serta dampak yang ditimbulkannya.

Gunakan aplikasi ini untuk menghindar dari gempa bumi!

Techno.id - Gempa bumi dalam skala besar tentu bisa menelan korban jiwa. Tak hanya nyawa, namun kerugian materiil yang ditimbulkannya pun terkadang cukup besar. Namun permasalahan yang sering muncul adalah ketidaksiapan masyarakat dalam menghadapi bencana yang satu ini.

Memang gempa tak bisa diprediksi, kecuali Anda berurusan dengan seismograf setiap harinya. Bicara soal piranti pendeteksi gempa, kini Anda bisa mendapatkan dan menggunakannya dengan mudah, bahkan melalui smartphone yang sedang Anda pegang.

Seperti yang telah diberitakan oleh Scientific AMerican pada hari Sabtu (12/03/16) lalu, para peneliti tengah mengembangkan sebuah aplikasi yang mampu mnendeteksi aktifitas seismik di muka bumi.

Ilustrasi aplikasi MyShake
© 2016 thehimalayantimes.com/thehimalayantimes.com

"Idenya adalah dari pemikiran bahwa apakah kita bisa mengumpulkan data sebanyak mungkin pada smartphone. Ini adalah sebuah revolusi dari bagaimana kita memahami gempa bumi serta dampaknya," Ujar RIchard Allen, direktur Seismological Laboratory di University California, Berkeley.

Allen dan timnya lah yang akhirnya mengembangkan sebuah aplikasi yang kemudian diberi nama MyShake. Aplikasi ini didesain utnuk memonitor akselerometer pada ponsel dan mengirimkan data tersebut pada server yang memantau pergerakan seismik.

Allen juga mengatakan bahwa akselerometer pada ponsel masa kini sensitifitasnya semakin bagus dan semakin mendekati peralatan pendeteksi gempa konvensional. Data real time yang dikirim dari ponsel bisa jadi sebuah peringatan dan persiapan dini sebelum gempa datang menyerang.

Sayangnya, untuk sementara waktu aplikasi ini hanya tersedia untuk ponsel berbasis Android saja. Nah, jika Anda tertarik untuk mendapatkannya, klik saja tautan ini.

 

WHAT TO READ NEXT ?