CONNECT WITH US
Fauzan Jamaludin |
 8 Maret 2016 20:00

Gerhana Matahari Total akan sambangi lagi Indonesia tahun 2023

Jadi pastikan besok Anda bangun pagi dan nikmati fenomena alam yang langka ini.

Gerhana Matahari Total akan sambangi lagi Indonesia tahun 2023

Techno.id - Tahukah Anda, fenomena gerhana matahari diperkirakan akan kembali sambangi Indonesia di tahun 2023? Itu artinya, jika Anda tak sempat mengamati kejadian alam yang langka ini maka Anda perlu menunggu 7 tahun lagi untuk bisa mengamatinya secara langsung.

Sebagaimana dikutip Techno.id dari Merdeka (8/3/16), fenomena langka itu diperkirakan akan kembali menyambangi wilayah Tanah Air pada bulan April tahun 2023. Wilayah yang disambangi pun diduga berbeda dari wilayah yang akan disambanginya besok Rabu (9/3/16).

Clara Yono Yatini, Kepala Pusat Sains Antariksa LAPAN mengungkapkan jika fenomena gerhana matahari di bulan April tahun 2023 mendatang diperkirakan akan hanya menghampiri sebagian wilayah Papua.

"Iya, tetapi hanya sebagian daerah Papua. Itu pun hanya sedikit. Di bagian leher kepala burung saja dan di laut di selatan pulau Timor," jelas Clara.

Perlu diketahui, fenomena Gerhana Matahari Total yang akan menyambangi wilayah Indonesia besok Rabu ini memang sangatlah spesial. Hal ini dikarenakan, hanya Indonesia-lah wilayah daratan yang dilewati fenomena gerhana sedangkan lainnya merupakan wilayah lautan.

Adapun wilayah yang bisa menikmati fenomena ini secara langsung dan sempurna adalah provinsi Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Soal jadwal lengkap terjadinya fenomena gerhana matahari total ini bisa Anda lihat di link berikut ini http://www.techno.id/science/lintasi-langit-indonesia-ini-rute-gerhana-matahari-total-160305l.html

WHAT TO READ NEXT ?