Burung ternyata lebih setia terhadap pasangan daripada makanan

Burung ternyata lebih setia terhadap pasangan daripada makanan

Techno.id - Ketika ada pertanyaan tentang hewan apakah yang paling setia dengan majikannya, mayoritas pasti akan menjawab anjing. Namun ketika berbicara soal hewan apakah yang paling setia terhadap pasangannya, maka jawaban yang paling tepat mungkin adalah burung.

Ya, sebuah fakta baru ini akhirnya berhasil diungkap oleh sekelompok ilmuwan dari Department of Zoology di Oxford University. Temuan baru ini pun kemudian dipublikasikan ke dalam jurnal Current Biology.

Sebagaimana dikutip dari Nature World Report (14/11), menurut studi ini, kesetiaan itu bermula dari sifat dasar burung yang memang memiliki hubungan sosial lebih tinggi daripada kebutuhan dengan makanannya. Para ilmuwan pun kemudian menguji coba dengan memberikan akses makanan yang mudah kepada pejantan, dan akses yang lebih sulit kepada betina.

Hasilnya, para pejantan justru memilih untuk pergi ke tempat sang betina. Bahkan, sang pejantan rela menyisihkan akses makanan yang mereka dapatkan untuk diberikan kepada sang betina. Sementara itu, beberapa pejantan lainnya membantu sang betina agar dapat mengakses makanan.

"Memutuskan untuk tetap dekat dengan pasangan daripada makanan ini adalah pemikiran jangka pendek di setiap individu burung. Namun pada akhirnya mereka juga akan mendapatkan manfaat untuk jangka panjang, yakni mempertahankan hubungan dengan pasangan mereka," ujar seorang penulis studi, Josh Firth.

Yang tak kalah menariknya, penelitian ini juga berhasil mengungkapkan bahwa dengan menyelamatkan sang betina, para pejantan akhirnya juga dapat bergabung dengan teman-teman sang betina. Bahkan, mereka pun saling belajar dan bekerja sama untuk mendapatkan akses makanan.

"Karena burung lebih memilih untuk tinggal dengan pasangan mereka, pada akhirnya mereka juga dapat bergaul dengan teman-teman pasangan mereka, bahkan meskipun belum pernah mengenal satu sama lain. Ini adalah bukti bahwa setiap individu burung akan selalu bergantung pada pasangan dan diri mereka sendiri," imbuh Josh Firth.

(brl/red)