Peneliti ungkap alasan mengapa banyak orang suka lagu-lagu sedih

Peneliti ungkap alasan mengapa banyak orang suka lagu-lagu sedih

Techno.id - Apa yang Anda lakukan jika Anda sedang sedih? Apakah Anda akan menangis seharian di kamar atau mendengarkan lagu-lagu sedih? Ya, tentunya setiap orang memiliki pilihan berbeda ketika mereka merasa sedih. Namun, kebanyakan orang mungkin lebih tertarik untuk mendengarkan lagu-lagu yang sedih. Hal ini karena lagu-lagu sedih mempunyai pengaruh positif pada emosi seseorang.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Taruffi dan Koelsh (2014) mengungkapkan bahwa mendengarkan musik sedih dapat membangkitkan emosional yang menguntungkan, seperti penghibur di kala sedih.

"Singkatnya, mendengarkan musik sedih membuat kita merasa lebih baik karena kita bisa menggunakannya sebagai pelampiasan emosi. Selain itu, musik sedih juga dapat meningkatkan empati, di mana pendengar tidak hanya berhubungan dengan emosi mereka sendiri, tetapi juga dengan musisi yang menjalani situasi yang sama," kata Taruffi, seperti yang dilaporkan oleh Lifehack.

Di sisi lain, mendengarkan lagu sedih itu sama seperti orang yang sedang menangis. Pasalnya, menangis itu juga dapat mendorong seseorang mempunyai suasana hati yang positif. Jadi, ketika seseorang sedang menangis sambil mendengarkan musik sedih, maka dia seakan telah membiarkan semua kesedihannya pergi menjauh. Hal ini tentunya akan membuat seseorang merasa lebih baik.

(brl/red)