Bunga ini dapat berubah warna jika disiram bir

Bunga ini dapat berubah warna jika disiram bir

Techno.id - Betapa indah dan menyejukkan mata ketika melihat warna-warni bunga di taman. Selain warnanya yang indah, bunga juga disukai banyak orang karena baunya yang wangi. Lalu, pernahkah Anda berpikir tentang warna bunga yang dapat berubah-ubah? Ya,
setiap bunga memang memiliki warnanya sendiri dan tidak mungkin dapat berubah warna. Namun, sebuah perusahaan tanaman bioteknologi telah membuktikan bahwa sekuntum bunga dapat diubah warna mahkotanya.

Mungkin salah satu dari Anda pernah mengubah warna bunga pacar air menggunakan pewarna makanan? Ketika duduk di bangku sekolah kebanyakan siswa memang diajarkan cara mengubah warna bunga. Namun, perubahan warna bunga yang dikembangkan oleh perusahaan Revolution Biotechnology (RevBio) ini lebih modern dibandingkan bunga pacar air.

Pada dasarnya, bunga yang berwarna cerah memiliki molekul kecil yang disebut antosianin. Molekul ini yang menghasilkan warna merah, biru, atau warna lainnya, kecuali warna putih. Jadi, bunga yang berwarna putih tidak memiliki antosianin. Fakta tersebut terbantahkan oleh penelitian yang dilakukan perusahaan RevBio.

Untuk membuktikannya, perusahaan RevBio melakukan modifikasi genetik pada bunga petunia yang semula berwarna putih menjadi warna merah. Perubahan warna bunga tersebut dilakukan dengan cara menyiram bunga petunia dengan etanol encer seperti bir. Hasilnya sungguh mengejutkan, bunga yang semula berwarna putih dalam waktu 24 jam bisa berubah menjadi merah. Hebatnya lagi, bunga ini tetap dapat dikembalikan ke warna aslinya dengan
menyiram air putih (air minum), seperti yang dilansir oleh Gizmag (10/03/15).

Jika Anda ingin bereksperimen sendiri di rumah untuk mengubah warna bunga petunia, Anda bisa melakukannya dengan cara mengikuti penggalangan dana pada proyek IndieGoGo. Rencananya, bunga petunia yang dapat berubah warna ini akan dibanderol seharga Rp 555.000 dan akan segera tersedia pada tahun 2017 mendatang.

(brl/red)