3 Hal yang mengancam peradaban manusia

3 Hal yang mengancam peradaban manusia

Techno.id - Ilmuwan fisika teoretis, Stephen Hawking, salah satu ilmuwan termasyhur di dunia ini, berpendapat jika ada beberapa hal yang dapat menghancurkan peradaban manusia. Hal-hal ini bahkan sangat dekat sekali dengan kehidupan sehari-hari Anda. Apa saja itu? Berikut pendapat Stephen Hawking yang dikutip dari situs Liveccience.com (26/02/15).

1. Kecerdasan buatan (Artificial intelligence)
Hawking mungkin adalah bagian kecil dari ilmuwan yang mengkhawatirkan teknologi ini. Salah satu teknologi yang terus berkembang ini, memberikan potensi besar untuk menghancurkan peradaban manusia. Menurutnya, kecerdasan buatan ini dapat mengancam eksistensi manusia serta dapat mengalahkan kecerdasan manusia itu sendiri. Hal ini seperti yang digambarkan fim-film sains Hollywood, yang mengangkat cerita manusia beperang melawan teknologi ciptaannya sendiri.

2. Agresi Manusia
Hawking mengatakan hal ini pada saat memberikan tur museum sains di London. Saat seorang pemenang kontes VisitLondon.com bertanya padanya, "Apakah kekurangan manusia yang paling ingin Anda ubah?"
Hawking memberikan jawaban jika agresi manusialah yang ingin dia ubah. Karena menurutnya, agresi manusia ini menyebabkan peperangan. Perang nuklir misalnya, hal ini akan banyak mengakhiri peradaban umat manusia. Dari berbagai kasus yang bisa Anda lihat, hal ini bisa saja terjadi karena latar belakang keserakahan yang membuat manusia 'buta' pada sesamanya. Hawking juga menambahkan, jika empatilah yang harus dimiliki manusia saat ini, karena akan membawa manusia dalam kedamaian dan cinta pada sesamanya.

3. Alien (kehidupan asing)
Sedikit diluar perkiraan semua orang. Ilmuwan ini mengatakan jika kehidupan asing (alien) adalah salah satu ancaman untuk peradaban manusia di dunia. Hawking berpendapat, jika kehidupan di luar bumi memang ada. Bahkan Hawking mengatakan, jika mereka adalah makhluk cerdas yang tidak akan ramah kepada manusia.
Peradaban makhluk asing mungkin sangat maju dari peradaban manusia. Sehingga bisa mengkoloni planet mana saja yang mereka bisa capai.

(brl/red)