CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 7 Februari 2016 20:00

Berapa lama manusia dapat bertahan hidup tanpa minum air?

Menurut para ilmuwan, manusia dapat bertahan hidup lebih lama tanpa air bila berada di luar ruangan.

Berapa lama manusia dapat bertahan hidup tanpa minum air?

Techno.id - Sampai saat ini, mungkin hanya ada seorang manusia yang bisa bertahan hidup lebih dari tiga minggu tanpa makanan, yaitu Mahatma Gandhi. Tokoh terkemuka di India ini konon katanya dapat bertahan tanpa makanan selama 21 hari. Ya, kalau makanan mungkin dia ahlinya, tapi kalau air bagaimana?

Kemampuan bertahan hidup tanpa makanan dan air memang berbeda karena 60 persen dari tubuh manusia terisi oleh air. Air bertugas sebagai pelumas sendi manusia, mengatur suhu tubuh melalui keringat dan pernapasan, serta pembuangan zat sisa dalam tubuh.

Jika Mahatma Gandhi dapat bertahan hidup tanpa makanan selama 21 hari, sepertinya dia hanya mampu hidup tanpa minum air tak lebih dari 10 hari. Pasalnya, manusia hanya dapat bertahan tanpa minum air maksimal seminggu, seperti yang dikutip dari Business Insider (6/2/2016).

Randall K. Packer seorang Profesor Biologi di Universitas George Washington mengatakan bahwa seminggu tanpa air mungkin itu sudah sangat hebat sekali. Kalau orang normal, sepertinya hanya dapat bertahan tanpa minum air selama tiga sampai empat hari. Hal senada juga disampaikan oleh ilmuwan Claude Piantadosi dari Duke University.

"Anda bisa hidup tanpa minum air selama 100 jam. Itu pun rata-rata bisa dilakukan hanya di luar ruangan. Anda juga bisa bertahan lebih lama jika suhu udara sedang dingin dan hanya bertahan sebentar jika suhu udara sedang panas, " ungkap Claude Piantadosi.

WHAT TO READ NEXT ?