Apa astronot juga buang air ketika berada di luar angkasa?

Apa astronot juga buang air ketika berada di luar angkasa?

Techno.id - Selama ini mungkin Anda penasaran, apakah seorang astronot yang sedang melakukan misi luar angkasa juga buang air besar maupun kecil? Nah, untuk menjawab rasa penasaran Anda, European Space Agency atau EAS, mengunggah sebuah video di YouTube mengenai kegiatan dan bagian-bagian yang terdapat di dalam stasiun luar angkasa. Salah satunya, dalam video yang 'dibintangi'Samantha Cristoforetti, astronot wanita pertama dari Italia, tersebut menjelaskan bagaimana para astronot buang air ketika berada di luar angkasa.

Dalam video tersebut, Cristoforetti menjelaskan bahwa setiap astronot yang melakukan misi luar angkasa juga buang air seperti ketika berada di bumi. Seperti dilaporkan TheRegister (11/5/15), Cristoforetti mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan biologis manusia tersebut, setiap stasiun luar angkasa telah dilengkapi dengan WC khusus.

Lebih lanjut, Cristoforetti mengatakan bahwa setiap kotoran yang dikeluarkan oleh para astronot akan disimpan dalam sebuah tempat khusus mirip kargo pesawat reguler. Nantinya, kotoran yang tersimpan itu akan dibakar ketika pesawat ruang angkasa meninggalkan stasiun luar angkasa. Nah, untuk urusan urin, Cristoforetti mengatakan jika air seni yang dikeluarkan para astronot akan diolah atau didaur ulang untuk dijadikan air minum selama astronot berada di stasiun luar angkasa.

Menarik bukan mengetahui bagaimana para astronot tersebut buang air maupun fakta mengenai cara pengolahan 'limbah' para astronot tersebut ketika berada di luar angkasa. Nah, agar Anda bisa lebih membayangkan bagaimana kehidupan astronot ketika berada di luar angkasa, simaklah video berikut ini.

(brl/red)