Xiaomi 13 Ultra segera diluncurkan akhir April 2023, bawa teknologi kamera Summicron dari Leica

Xiaomi 13 Ultra segera diluncurkan akhir April 2023, bawa teknologi kamera Summicron dari Leica

Techno.id - Xiaomi dikabarkan bakal merilis smartphone kelas flagship terbarunya pada akhir bulan April 2023. Hal ini terlihat melalui unggahan Twitter CEO Xiaomi, Lei Jun dengan handle @leijun.

Lei Jun secara gamblang membeberkan bahwa bulan ini Xiaomi akan meluncurkan Xiaomi 13 Ultra. Dalam tweet yang diunggahnya, ia menyebutkan bahwa smartphone flagship anyar tersebut akan membawa kamera spek mumpuni. Bahkan Xiaomi menggandeng perusahaan lensa terkemuka Leica, untuk menghadirkan kamera terbaik di dalam Xiaomi 13 Ultra.

"Kami tidak sabar untuk memperkenalkan sistem kamera, optik, dan lensa Summicron terbaru buatan Leica, yang bakal menghadirkan pengalaman fotografi smartphone cemerlang dari berbagai aspek untuk pertama kalinya dalam sejarah," tulis Jun.

Dari tweet yang Jun buat, ia menerangkan terdapat teknologi lensa Summicron yang akan ditanam. Lantas apa itu, dan bagaimana spek dari ponsel flagship anyar buatan Xiaomi ini? Berikut techno.id pada Senin (10/4), menyajikan bocoran spesifikasi dari Xiaomi 13 Ultra yang dihimpun dari berbagai sumber.

Xiaomi 13 Ultra akan dibekali dengan chipset bentukan Qualcomm yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Chip akan didukung dengan RAM kapasitas hingga 16 GB dan memori internal 1 TB. Nantinya ponsel ini akan diproses menggunakan MIUI yang didesain untuk pasar European Economic Area (EEA), Rusia, dan Taiwan.

foto: Twitter/ @TeachyPreaher

Sedangkan di sektor kamera, terdapat empat lensa yang menyertai Xiaomi 13 Ultra. Keempat sensor kamera tersebut terdiri dari kamera utama Sony IMX989 50 MP, kamera ultrawide Sony IMX858 resolusi 50 MP, dan dua kamera telephoto masing-masing resolusi 50 MP. Sedangkan untuk kamera depan menggunakan lensa 32 MP.

Seperti telah disinggung sebelumnya, bahwa Xiaomi 13 Ultra membawa fitur lensa Summicron. Sebagai informasi, Lensa Summicron adalah lensa sferis (spherical) berukuran 50 mm. Melalui lensa tersebut, pengguna dapat mendapatkan foto bidang pandang lebar dengan warna dan kontras tajam.

Terkait dengan desain, Xiaomi belum membeberkan secara detail terkait bentuk body dari Xiaomi 13 Ultra. Namun melihat dari edisi spesial Xiaomi 12 sebelumnya, besar kemungkinan ponsel ini akan menggunakan modul lensa berbentuk bulat melingkar di bagian tengah body.

foto: Twitter/ @TeachyPreaher

Sedangkan di bagian layar, Xiaomi 13 Ultra akan menggunakan screen type AMOLED LTPO berukuran 6,7 inci. Screen mampu memperoleh resolusi hingga WQHD Plus dan refresh rate hingga 120 Hz.

Xiaomi 13 Ultra akan ditopang dengan baterai 4,900 mAh. Tak ketinggalan, Xiaomi akan membekali perangkat dengan pengisian daya cepat hingga 90 Watt.

Terkait dengan keberadaan Xiaomi 13 Ultra di market Indonesia, masih menjadi tanda tanya besar. Pasalnya Country Director Xiaomi Indonesia Wentao Zhao mengatakan setidaknya akan ada satu HP Xiaomi berkamera Leica yang akan diluncurkan di Indonesia. Akan tetapi Zhao tidak menjelaskan secara mendetail terkait ponsel dengan Lensa Leica apa yang akan dibawa ke Indonesia.


(brl/guf)