Tablet Lenovo Tab M8 (4th Gen) resmi rilis, intip spesifikasi lengkap dan harganya

Tablet Lenovo Tab M8 (4th Gen) resmi rilis, intip spesifikasi lengkap dan harganya

Techno.id - Lenovo merupakan salah satu perusahaan besar yang telah lama menghadirkan beragam barang elektronik. Melalui produk mereka, nama Lenovo kian mendunia dengan respons positif yang didapatnya. Nyatanya, produk yang dirilis Lenovo memiliki performa andal untuk menjalankan banyak keperluan.

Salah satu produk tersebut yang hadir dengan spesifikasi mumpuni adalah tablet terbaru mereka. Hadir dengan nama Lenovo Tab M8 (4th Gen), perangkat satu ini menjadi salah satu tablet yang menarik untuk dilirik. Pasalnya, Lenovo memberikan spesifikasi yang meski menyasar sektor entry level, namun lumayan untuk menjalankan keperluan ringan hingga sedang.

Layar dengan ukuran sedang, performa chipset yang bisa diandalkan, serta dukungan penuh pada komponen pendukung lain memberikan performa cukup tinggi pada tablet anyar satu ini. Tak hanya itu, Lenovo Tab M8 (4th Gen) juga hadir dengan desain minimalis yang bisa membuat banyak mata melirik tablet ini.

Berkenaan dengan produk anyar tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (9/12), berikut spesifikasi dan harga dari Lenovo Tab M8 (4th Gen).

Spesifikasi Lenovo Tab M8 (4th Gen).

Tablet Lenovo Tab M8 (4th Gen) resmi rilis, intip spesifikasi lengkap dan harganya

foto: gizmochina.com

Lenovo Tab M8 (4th Gen) merupakan sebuah tablet dengan tampilan termasuk simpel dan sederhana. Pada sektor varian warna, Lenovo Tab M8 (4th Gen) akan hadir dalam dua pilihan Arctic Gray dan Abyss Blue. Selain itu, tablet satu ini juga akan hadir dalam dengan dimensi 197.97 x 119.82 x 8.95 mm dan bobot 320 g.

Untuk sebuah tablet, dimensi dan bobot Tab M8 (4th Gen) bisa dibilang sangat ringkas dan ringan. Jika tablet ini dijadikan sebagai daily driver, pengguna tidak akan mudah merasa cepat pegal saat mengoperasikannya. Rancangan dimensi ringkas dan bobot ringan ini tentu bukan tanpa alasan.

Lenovo membekali Tab M8 (4th Gen) dengan layar berukuran cukup kecil. Mengusung layar 8 inch, HD+ (1280 x 800) IPS, 24 bit dengan dukungan eye care mode pada sisi depan membuat Lenovo Tab M8 (4th Gen) menjadi tablet yang bisa dibilang cukup saja untuk penggunaan harian. Meski masih menggunakan layar dengan resolusi HD+, setidaknya panel IPS yang disematkan termasuk nyaman untuk penggunaan harian.

Sektor yang tidak kalah penting pada sebuah tablet tentu ada di bagian dapur pacu. Lenovo menyematkan chipset MediaTek Helio A22 dengan CPU ARM Cortex-A53, 2000 MHz dan GPU PowerVR GE8300. Meski tidak bisa dibilang kencang, namun chipset yang digunakan pada Tab M8 (4th Gen) terbilang cukup untuk menunjang aplikasi ringan dengan lancar.

Agar chipset yang disematkan bisa berjalan dengan lancar, Lenovo Tab M8 (4th Gen) juga hadir dengan RAM dan storage yang sekadar cukup saja. Tiga opsi 2 GB / 32 GB, 3 GB / 32 GB, dan 4 GB / 64 GB bisa dipilih sesuai kebutuhan yang diperlukan. Meski terbilang cukup saja, namun kapasitas RAM dan storage yang dibawakan sudah bisa menjalankan aplikasi dengan cukup baik. Jika kapasitas storage yang dibawakan masih terasa kurang, Lenovo memberikan keleluasaan upgrade sistem penyimpanan menggunakan MicroSD jika diperlukan.

Sektor lain yang tidak kalah penting untuk dibahas adalah kamera. Baik sisi belakang maupun depan Tab M8 (4th Gen), Lenovo menyematkan single camera yang memiliki spesifikasi cenderung cukup jika digunakan untuk sekadar menangkap momen. Kamera 5 MP disematkan pada sisi belakang. Sedangkan pada sisi depan, kamera 2 MP disematkan untuk sekadar menangkap momen penting saja.

Layaknya tablet kekinian, Lenovo Tab M8 (4th Gen) dibekali dengan koneksi wireless yang sudah bisa diandalkan. Pada bagian internet, Lenovo Tab M8 (4th Gen) hadir dengan Wi-Fi a, b, g, n, n 5GHz, ac, Dual band, Wi-Fi Hotspot, Wi-Fi Direct, Wi-Fi Display yang bisa digunakan untuk menyambung internet dengan lancar. Tak lupa, Bluetooth 5.0 juga disematkan untuk mengirim dan menerima file dengan mudah.

Agar tablet satu ini bisa digunakan dalam waktu yang lama, baterai 5100 mAh Li-Polymer disematkan sebagai penyuplai daya utama. Dengan baterai yang ada, ketahanan Lenovo Tab M8 (4th Gen) tentu sudah terbilang lumayan. Meski tidak sebesar baterai tablet lainnya, kapasitas ini termasuk lumayan untuk digunakan.

Dilansir dari gizmochina.com, harga Lenovo Tab M8 (4th Gen) akan dibanderol dengan harga $195 atau jika dirupiahkan setara Rp 3 jutaan. Untuk sebuah tablet dengan spesifikasi lumayan, harga yang dibanderol termasuk cukup murah.


(brl/tin)