Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Watch 5 dan 5 Pro, ada fitur NFC

Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Watch 5 dan 5 Pro, ada fitur NFC

Techno.id - Gelaran event Unpacked yang diadakan oleh Samsung menjadi ajang untuk memperkenalkan produk baru mereka. Selain mengeluarkan ponsel lipat terbaru, Samsung turut menghadirkan arloji pintar yaitu Galaxy Watch 5 Series. Smartwatch tersebut memiliki dua seri yaitu Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro. Untuk versi Pro menjadi jam tangan pintar pertama Samsung yang memakai kata "Pro". Sebab seri sebelumnya tidak ada penamaan Pro, hanya ada versi classic dan standar saja.

Samsung memberikan berbagai fitur menarik yang bisa digunakan oleh pengguna. Mulai dari sensor kesehatan, konektivitas Bluetooth 5.2, WiFi, GPS, dan fitur NFC. Jam tangan pintar Galaxy Watch Series juga mengantongi sertifikasi ketahanan terhadap air hingga 5ATM dan IP68.

Duo jam tangan pintar Galaxy Watch 5 juga dibekali oleh fitur Body Composition. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengatur target olahraga yang bisa disesuaikan dengan kondisi badan hingga Realtime Recovery Tracking untuk mencatat waktu istirahat. Untuk lebih lengkapnya kali ini techno.id pada Jumat (11/8) akan memberikan spesifikasi Samsung Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro yang dirangkum dari website resminya.

Samsung Galaxy Watch 5.

Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Watch 5 dan 5 Pro, ada fitur NFC

foto: samsung.com

Galaxy Watch 5 memiliki desain yang lebih trendi dengan opsi warna pastel. Dimensi dari arloji pintar tersebut sebesar 39,3 x 40,4 x 9,8t dengan bobot 28,7 gram. Terdapat varian ukuran lebih besar yaitu 43,3 x 44,4 x 9,8t dengan bobot 33,5 gram. Bagian body dibuat dengan material armor aluminium.

Kaca dari smartwatch tersebut memakai material Sapphire Crystal. Bahan tersebut diklaim lebih kuat hingga 60% dibanding seri Galaxy Watch sebelumnya. Kemudian layar yang dipakai memiliki tipe Super AMOLED Full Color Always On Display berukuran 1,4 inci resolusi 450x450.

Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Watch 5 dan 5 Pro, ada fitur NFC

foto: samsung.com

Kemudian beralih pada sektor mesin, Galaxy Watch 5 dibekali chipset Exynos W920 buatan Samsung. Kemudian chip tersebut didukung kapasitas RAM 1,5 GB dan memori internal sebesar 16 GB.

Untuk daya baterai, Galaxy Watch 5 memiliki dua opsi. Varian 40 mm mempunyai daya baterai 284 mAh. Kemudian pada varian 44 mm menggunakan baterai daya lebih besar yaitu 44 mm. Kedua varian tersebut memiliki pengisian daya yang diklaim lebih cepat hingga 30% daripada veri Galaxy Watch sebelumnya.

Galaxy Watch 5 dibekali sensor Samsung BioActive. Teknologi tersebut memiliki chip tunggal yang dapat menggabungkan tiga sensori kesehatan, yaitu Optical Heart Rate, Electrical Heart Signal, dan Bioelectrical Impedance Analysis. Sensor tersebut dapat difungsikan sebagai perekam data kesehatan seperti detak jantung, kadar oksigen dalam darah hingga tingkat stres pengguna. Bahkan dengan sensor tersebut penggunda dapat mendapatkan informasi mengenai kesehatan jantungnya, melalui hasil pemantauan tekanan darah dan ECG langsung dari pergelangan tangan.

Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Watch 5 dan 5 Pro, ada fitur NFC

foto: samsung.com

Kemudian terdapat sensor suhu dengan teknologi inframerah agar pembacaan data lebih akurat. Bahkan dengan sensor tersebut, arloji dapat dapat merekam suhu ruangan dengan baik.

Seperti dibahas sebelumnya, bahwa smartwatch Galaxy Watch 5 memiliki berbagai fitur untuk berolahraga hingga masa recovery. Saat dalam masa istirahat setelah berolahraga, arloji pintar tersebut menyediakan data-data terkait kondisi tubuh secara intens. Ditambah terdapat rekomendasi untuk konsumsi air minum berdasarkan berapa banyak cairan tubuh yang hilang.

Fitur unggulan lain dari Galaxy Watch 5 ada di Sleep Coaching. Dengan fitur tersebut pengguna mendapatkan program terpersonalisasi dengan panduan selama sebulan penuh untuk membentuk kebiasaan tidur lebih baik.

Galaxy Watch 5 juga dibekali dengan teknologi NFC. Hal tersebut membuat smartwatch dapat digunakan untuk mengatur lampu, AC hingga TV. Dengan teknologi SmartThings, arloji pintar tersebut dapat mengatur ruangan yang telah terintegrasi agar nyaman dipakai untuk tidur maupun hal lainnya.

Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Watch 5 dan 5 Pro, ada fitur NFC

foto: samsung.com

Smartwatch Galaxy Watch 5 juga dibekali dengan fitur Fall Detection. Dengan fitur tersebut pengguna dapat terhubung dengan kontak darurat secara mudah. Jam tangan akan memberikan notifikasi kepada kontak darurat apabila pengguna mengalami kendala seperti terjatuh.

Samsung Galaxy Watch 5 Pro.

Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Watch 5 dan 5 Pro, ada fitur NFC

foto: samsung.com

Spesifikasi dari Samsung Galaxy Watch 5 Pro tidak jauh beda dengan versi reguler. Namun perbedaan ada pada bahan material yang dipakai oleh arloji pintar tersebut. Bahan yang dipakai untuk membentuk smartwatch tersebut adalah titanium lebih kokoh. Untuk dimensi body dari smartwatch versi Pro tersebut adalah 45,4 x 45,4 x 10,5t dengan bobot tak lebih dari 46,5 gram.

Smartwatch Galaxy Watch 5 Pro mempunyai tampilan lebih gahar dengan opsi warna hitam dan abu-abu. Kemudian untuk layar tetap menggunakan tipe Super AMOLED berukuran 1,4 inchi, resolusi 450 x 450, Full Color Always On Display. Jam tangan pintar tersebut juga tetap mengantongi sertifikasi sama yaitu IP68, 5ATM dan MIL-STD-810H.

Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Watch 5 dan 5 Pro, ada fitur NFC

foto: samsung.com

Pada sektor dapur pacu, Galaxy Watch 5 Pro menggunakan chipset yang sama dengan versi regular. Komponen yang sama juga dipakai pada bagian RAM dan memori internal perangkat. Namun perbedaan ada pada kapasitas baterai yang digunakan. Versi Watch 5 Pro memiliki baterai dengan daya 590 mAh, dengan dukungan fast charging dan WPC-based wireless charging.

Untuk fitur yang dibawa pada Galaxy Watch 5 Pro kurang lebih sama dengan seri reguler. Namun terdapat fitur unggulan dari Watch 5 Pro yaitu Route Workout. Fitur tersebut dapat digunakan untuk mengatur jalur lari atau olahraga yang dituju. Terdapat fitur Turn by Turn Navigation untuk sistem navigasi saat berolahraga, kemudian Track Back untuk merekam jalur berlari.

Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Watch 5 dan 5 Pro, ada fitur NFC

foto: samsung.com

Galaxy Watch 5 akan hadir dengan dua varian yaitu 40 mm dan 44 mm. Untuk versi 40 mm memiliki opsi warna Graphite, Pink, Gold dan Silver. Sedangkan untuk versi 44 mm ditawarkan dengan warna Graphite, Sapphire, dan Silver. Sementara Galaxy Watch 5 Pro hanya tersedia dalam varian 45 mm saja, opsi warna yaitu Titanium Black dan Titanium Gray.

Adapun harga yang dibanderol untuk smartwatch Galaxy Watch 5 Series sebagai berikut:

- Galaxy Watch 5 40mm: Rp 3.499.000
- Galaxy Watch 5 44mm: Rp 3.999.000
- Galaxy Watch 5 Pro 45mm: Rp 6.499.000

Calon pembeli sudah dapat melakukan pre-order di gerai Samsung Tanah Air terdekat atau melalui website resminya mulai 10 Agustus hingga 1 September 2022.


(brl/guf)