Smartphone Nokia C31 resmi masuk Indonesia, ini spesifikasi & harganya

Smartphone Nokia C31 resmi masuk Indonesia, ini spesifikasi & harganya

Techno.id - Setelah merilis Nokia C31 di pasar global, kini giliran barang ciamik dari perusahaan asal Tampere, Finlandia tersebut rilis di Tanah Air. Hadir dengan spesifikasi yang bisa dibilang lumayan saja, Nokia C31 menjadi perangkat yang cocok untuk menjalankan berbagai aplikasi ringan hingga sedang tanpa ada gangguan.

Nokia C31 versi global dan resmi Indonesia pada dasarnya tidak ada perbedaan yang diberikan. Mulai dari chipset, desain, lensa kamera, serta komponen pendukung lainnya memiliki spesifikasi yang sama. Namun dari segi harga, Nokia C31 versi global dan Indonesia tentu memiliki perbedaan. Hal ini tentu saja dikarenakan biaya pengiriman yang memakan cukup banyak biaya.

Hadir resmi pada Desember tahun ini, Nokia C31 mungkin cocok untuk masuk ke dalam waiting list jika kamu sedang mencari sebuah smartphone. Jika digunakan sebagai daily driver, smartphone satu ini lebih dari mampu untuk menunjang keperluan harian yang ada.

Berkenaan dengan barang resmi tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (25/11), spesifikasi dan harga Nokia C31.

Spesifikasi Nokia C31

Smartphone Nokia C31 resmi masuk Indonesia, ini spesifikasi & harganya

foto: nokia.com

Nokia C31 versi Indonesia memiliki tampilan dan karakteristik yang sama dengan varian global. Tiga varian warna Charcoal, Cyan, dan Mint mewarnai body belakang dan samping smartphone ini. Sedangkan untuk ukuran, Nokia C31 memiliki dimensi 169.2 x 77.98 x 8.55 mm dengan bobot 200 g. Untuk sebuah smartphone, bobot yang ada memang tidak bisa dibilang paling ringan. Namun jika digunakan sebagai daily driver, smartphone satu ini tentu lebih dari cukup untuk menjalankan banyak aplikasi.

Selain memiliki desain yang ciamik, Nokia C31 juga dibekali dengan chipset mumpuni. Penggunaan Unisoc SC9863A (28nm) membuat smartphone ini memiliki performa lumayan. Di atas kertas, performa chipset ini memiliki performa yang bisa dibilang lumayan. Terlebih Dukungan dari CPU Octa-core (4x1.6 GHz Cortex-A55 & 4x1.2 GHz Cortex-A55) dan GPU IMG8322 yang ada dalam chipset ini termasuk mampu untuk membuka banyak keperluan dengan lancar. Tak lupa Sistem operasi Android 12 juga mangkal pada Nokia C31 untuk memberikan kelancaran penggunaan.

Smartphone Nokia C31 resmi masuk Indonesia, ini spesifikasi & harganya

foto: nokia.com

Chipset satu ini tentu tidak datang sendirian pada Nokia C31. Untuk memaksimalkan performa Unisoc SC9863A (28nm), Nokia C31 dibekali dengan RAM dan storage berkapasitas lumayan. Beberapa varian RAM dan storage 3 GB / 32 GB, 4 GB / 64 GB, serta 4 GB / 128 GB bisa dipilih sesuai kebutuhan. Jika varian yang ada dirasa kurang Nokia memberikan opsi ekspansi penyimpanan menggunakan microSDXC hingga 256 GB.

Pada varian global maupun Indonesia, Nokia C31 memiliki ukuran layar yang sama. Layar 6.75 inch HD+ (720 x 1600) IPS LCD, 83.4% screen-to-body ratio disematkan pada bagian depan untuk memudahkan pengguna dalam menyaksikan tampilan yang ada. Ukuran layar yang lebar tentu bisa digunakan dengan nyaman dalam mengakses banyak konten di dalamnya. Meski masih menggunakan layar HD+, panel IPS yang disematkan sudah cukup nyaman untuk digunakan.

Smartphone Nokia C31 resmi masuk Indonesia, ini spesifikasi & harganya

foto: nokia.com

Pada sektor penangkap gambar, Nokia C31 hadir dengan triple camera di bagian belakang dan single selfie camera di sisi depan. Lensa belakang 13 MP, (wide), AF, 2 MP, (macro), serta 2 MP, (depth) dengan fitur LED flash, HDR membuat smartphone ini mampu merekam video hingga 1080p@30fps. Tak hanya itu, sisi depan dari Nokia C31 juga hadir dengan single selfie camera 5 MP yang lebih dari mampu jika hanya digunakan untuk selfie.

Selain memiliki kamera yang bisa diandalkan, Nokia C31 juga dibekali koneksi wireless yang cukup bisa diandalkan. Pada sektor internet, Nokia C31 dibekali Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot yang bisa digunakan sebagai jaringan Wi-Fi dengan nyaman. Selain itu, Bluetooth 4.2 juga hadir untuk mengirim dan menerima file dengan cepat. Untuk melengkapi koneksi wireless yang ada, Nokia juga memberikan dukungan koneksi lain seperti GPS, Radio, dan beberapa sensor menarik diantaranya Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, dan proximity yang memberikan kenyamanan lebih dalam menggunakan C31.

Smartphone Nokia C31 resmi masuk Indonesia, ini spesifikasi & harganya

foto: nokia.com

Layaknya sebuah smartphone kekinian, Nokia C31 memiliki baterai dengan kapasitas besar di angka 5050 mAh. Untuk digunakan sebagai daily driver, baterai ini tentu lebih dari mampu bertahan seharian. Tak hanya itu, dukungan fast charging 10 W dengan modul USB Type C 3.0 juga tersedia untuk mengisi daya smartphone ini jika kehabisan baterai.

Nokia C31 resmi Indonesia akan dibanderol dengan harga Rp 1,5 jutaan untuk varian 3 GB / 32 GB dan Rp 1,7 jutaan untuk varian 4 GB / 64 GB. mengingat spesifikasi yang disematkan tergolong kencang, harga ini bisa dibilang cukup murah untuk sebuah smartphone kekinian.


(brl/guf)