Smartphone Nokia C31 resmi rilis, intip spesifikasi dan harganya

Smartphone Nokia C31 resmi rilis, intip spesifikasi dan harganya

Techno.id - Brand Nokia tentu sudah tidak asing di telinga banyak orang. Nyatanya, brand asal Tampere, Finlandia cukup populer di Tanah Air. Kala itu Nokia yang mengandalkan featured phone mereka telah sukses membanjiri pasar barang elektronik. Namun semenjak kemunculan Android, nama Nokia kian meredup hingga kini.

Tak mau kalah dengan Android, Nokia mulai bangkit dengan merilis produk mereka di berbagai sektor. Salah satu produk terbaru mereka menyasar pasar ponsel pintar. Dengan mengusung sistem operasi Android 12, Nokia C31 hadir sebagai smartphone anyar yang menyasar sektor entry level.

Dibekali dapur pacu jebolan MediaTek membuat C31 memiliki kemampuan yang bisa diandalkan. Sedangkan pada sektor fisik, Nokia C31 tampil simpel dan minimalis dengan tiga varian warna. Tak hanya itu, Nokia tentu memikirkan matang-matang smartphone satu ini akan seperti apa nantinya.

Hal ini dibuktikan dengan keseriusan Nokia dalam memberikan komponen pendukung lain seperti sensor, koneksi wireless, hingga fitur unggulan lainnya pada C31.

Berkenaan dengan produk anyar tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (18/10), spesifikasi lengkap dan harga dari Nokia C31.

Spesifikasi Nokia C31

Smartphone Nokia C31 resmi rilis, intip spesifikasi dan harganya

foto: nokia.com

Nokia C31 merupakan salah satu perangkat anyar yang memiliki desain simpel namun minimalis. Tiga varian warna Charcoal, Cyan, dan Mint memberikan penyegaran tersendiri pada smartphone satu ini. Selain hadir dengan warna baru, Nokia C31 juga memiliki dimensi 169.2 x 77.98 x 8.55 mm dengan bobot 200 g. Di atas kertas, dimensi dan bobot smartphone satu ini tidak bisa dibilang ringkas dan ringan. Namun jika digunakan sebagai daily driver, smartphone satu ini masih tergolong nyaman.

Desain minimalis dari Nokia C31 membungkus jeroan yang cukup mumpuni. Penggunaan chipset Unisoc SC9863A (28nm) memberikan kemampuan yang cukup andal untuk menerjang berbagai keperluan sedang. Membuka aplikasi media sosial, memainkan game dengan setting sedang, serta melakukan streaming nampaknya bisa di handle dengan baik oleh chipset satu ini.

Smartphone Nokia C31 resmi rilis, intip spesifikasi dan harganya

foto: nokia.com

Tak hanya hadir dengan chipset yang lumayan unggul, Nokia juga memberikan pendamping berupa RAM dan storage dengan kapasitas lumayan. Opsi 3 GB / 32 GB, 4 GB / 64 GB, serta 4 GB / 128 GB memberikan kenyamanan penggunaan baik dalam buka tutup aplikasi maupun proses menyimpan data. Tak hanya itu, Nokia juga memberikan dukungan ekspansi penyimpanan hingga 256 GB dengan modul microSDXC.

Tidak hanya mementingkan sektor jeroan, bagian lain seperti layar juga tak luput dari perhatian Nokia. Hadirnya layar dengan ukuran 6.75 inch HD+ (720 x 1600) IPS LCD di sektor depan membuat pengguna bisa mengoperasikan C31 dengan mudah. Dari segi fitur, memang tidak ada yang spesial dengan layar smartphone ini. Namun layar dengan ukuran 6.75 inch tentu memberikan kepuasan tersendiri ketika dioperasikan khususnya streaming video.

Smartphone Nokia C31 resmi rilis, intip spesifikasi dan harganya

foto: nokia.com

Layaknya smartphone, kekinian, tentu Nokia memberikan perhatian pada sektor penangkap gambar. Hadir dengan modul triple camera pada sisi belakang yang memiliki lensa 13 MP, (wide), AF, 2 MP, (macro), serta 2 MP, (depth) dengan fitur LED flash, HDR membuat smartphone ini mampu merekam video hingga 1080p@30fps. Tak hanya itu, sisi depan dari Nokia C31 juga hadir dengan single selfie camera 5 MP yang lebih dari mampu jika hanya digunakan untuk selfie.

Tidak hanya memikirkan sektor penangkap gambar, Nokia juga tak melupakan komponen lain pada C31 khususnya di bagian koneksi wireless. Untuk menyambungkan smartphone ini dengan jaringan internet, Nokia membekali Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot yang bisa digunakan dengan nyaman. Tak hanya itu, Bluetooth 4.2, A2DP juga tersedia pada perangkat ini untuk mengirimkan banyak data dengan mudah.

Smartphone Nokia C31 resmi rilis, intip spesifikasi dan harganya

foto: nokia.com

Selain Wi-Fi dan Bluetooth, Nokia juga memberikan dukungan koneksi lain seperti GPS, Radio, dan beberapa sensor menarik diantaranya Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, dan proximity yang memberikan kenyamanan lebih dalam menggunakan C31.

Layaknya sebuah smartphone kekinian, Nokia C31 hadir dengan baterai berkapasitas besar. Baterai 5050 mAh diklaim Nokia mampu bertahan hingga 3 hari. Untuk sebuah smartphone, daya tahan baterai tersebut tentulah tinggi. Selain itu, Nokia juga memberikan dukungan fast charging 10 W dengan modul USB Type C 3.0 untuk mengisi daya smartphone ini jika sudah habis.

Smartphone Nokia C31 resmi rilis, intip spesifikasi dan harganya

foto: nokia.com

Harga dari Nokia C31 diperkirakan akan dijual di angka 130 EUR atau setara Rp 1,9 jutaan untuk versi global. Mengingat spesifikasi yang ditawarkan cukup memadai, harga yang dipatok tentu masih tergolong normal dan wajar. Tak hanya itu, setiap pembeli juga akan mendapat Charger, Headset, Jelly Case, Quick Start Guide, Safety Booklet, USB Type C Cable dalam paket penjualan Nokia C31.


(brl/guf)