Menteri PUPR Basuki Hadimuljono masih pakai HP Nokia, ini alasannya

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono masih pakai HP Nokia, ini alasannya

Techno.id - Gelaran Konferensi Tingkat Tinggi G20 telah selesai. Ada banyak hal luar biasa yang dapat tertangkap kamera. Salah satunya adalah apa yang dilakukan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Pasalnya, Pak Bas, sapaan akrab Menteri PUPR malah tampak seperti wartawan saat ia mendampingi Presiden Joko Widodo. Ia menenteng sebuah kamera profesional dan mengenakan pakai berwarna putih dan topi yang di putar ke belakang. Sontak hal tersebut membuat banyak decak kagum warganet.

Selain itu, ternyata sebelumnya Basuki Hadimuljono pernah bikin geger jagat gadget Tanah Air. Ia yang sedang mendampingi Presiden Joko Widodo, dalam kunjungannya ke Ibu Kota Nusantara (IKN), mendapatkan telepon. Namun yang mengagetkan, suara nada dering dari ponsel Menteri PUPR. Ya, nada dering yang sudah tidak asing bagi pengguna ponsel di era 2000-an.

Benar sekali, Pak Bas kala itu mendapatkan panggilan telepon dari handphone Nokia. Bahkan ketika mendengar nada deringnya, maka akan sangat familiar dengan ponsel sejuta umat tersebut.

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok terkait dengan HP Nokia yang selalu dibawa oleh Menteri PUPR tersebut. Melalui akun TikTok resmi Kementerian PUPR @kemenpupr, terdapat unggahan video yang mempertontonkan HP dari Pak Bas.

Dalam unggahan akun Kemenpupr, Pak Bas memberikan penjelasan bahwa hanya ada dua orang di dunia menggunakan ponsel tersebut. Satu lagi orang yang memiliki HP yang sama adalah Mark Rutte, Perdana Menteri Belanda.

"Tapi ini (Nokia) di seluruh dunia hanya dua orang yang pakai, saya dengan Perdana Menteri Belanda. Dua kali saya jemput beliau di Bandara Halim, yang pertama kali saya tanya, 'Mana handphone-mu?'," terangnya. Ujar Basuki Hadimuljono dalam video tersebut.

Kemudian Pak Bas juga berujar bahwa ia tetap setia menggunakan HP Nokianya.

"Nokia aja (tidak punya smartphone), kalau yang WA ya (punya) ajudan, kalau saya hanya pegang ini," tandasnya.

Basuki Hadimuljono juga menjelaskan alasan mengapa ia tetap bertahan dengan HP Nokia. Ia beranggapan bahwa Nokia hanya bisa telepon dan SMS, sehingga bisa selalu fokus saat bekerja.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono masih pakai HP Nokia, ini alasannya

foto: YouTube/ Skretariat Kabinet RI

Meskipun masih memakai ponsel jadul, Pak Bas menegaskan bahwa tidak ada kendala dalam koordinasi dengan menteri lain. Meskipun Menteri Keuangan pernah protes, akan tetapi ketika Pak Bas mengirimkan SMS, tetap dibalas dengan SMS.

"Bu Menteri Keuangan itu selalu protes, tapi kalo Bu Meteri saya SMS mesti bales dengan SMS", imbuh Pak Bas.

Belum diketahui secara pasti ponsel seri Nokia apa yang dipakai Pak Bas. Namun ia juga tetep menjelaskan, bahwa ia sebenarnya tetap tahu mengenai kecanggihan teknologi masa kini.

"Saya tahu power-nya digital equipment itu, tapi saya enggak terlalu hobi main itu. Jadi handphone saya masih Nokia," jelas Basuki sambil menunjukkan ponselnya, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Kabinet RI.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono masih pakai HP Nokia, ini alasannya

foto: Instagram/ @kemenpupr

Pak Bas selaku Menteri PUPR dikenal memiliki kepribadian humoris dan sederhana, ia juga dikenal profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi negara.

@kemenpupr Kisah HP Pak Bas #sigapmembangunnegeri #pakbas #pakbasuki #menteripupr #KemenPUPR #sahabatpupr suara asli - Kementerian PUPR

(brl/guf)