Samsung perkenalkan Galaxy A35 dan A55 dengan fitur kamera andalan dan keamanan Knox Vault

Samsung perkenalkan Galaxy A35 dan A55 dengan fitur kamera andalan dan keamanan Knox Vault

Techno.id - Samsung hari ini mengumumkan dua smartphone seri A baru-Galaxy A55 dan A35, smartphone 5G kelas menengah terbaru dengan peningkatan OS Androidyang dijanjikan selama empat tahun dan pembaruan keamanan selama lima tahun.

Samsung mengklaim smartphone seri A terbaru ini menawarkan kamera andalan Galaxy yang terinspirasi dari inovasi kamera flagship Galaxy dan layar yang menakjubkan yang dapat menyesuaikan dengan lingkungan sekitar pengguna dengan Vision Booster. Kedua perangkat ini juga merupakan set pertama smartphone seri Galaxy A yang menawarkan fitur keamanan Samsung Knox Vault.

TM Roh, President dan Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronics dalam acara peluncuran di Seoul seperti dikutip dari keterangan resminya yang diterima Techno.id mengatakan, Samsung dapat membuka lebih banyak kemungkinan pada seri Galaxy A tahun ini, termasuk menawarkan Samsung Knox Vault untuk pertama kalinya pada jajaran ini.

Samsung perkenalkan Galaxy A35 dan A55 dengan fitur kamera andalan dan keamanan Knox Vault Samsung A55 (foto: samsung)

Meskipun terlihat cukup identik satu sama lain dan juga menawarkan peringkat IP67 terhadap air dan debu, Galaxy A55 hadir dengan bingkai logam, sedangkan Galaxy A35 memiliki bingkai plastik.

Kedua smartphone ini hadir dengan layar beresolusi FHD+ 6,6 inci dengan kecepatan refresh 120Hz dan sensor sidik jari dalam layar optik, yang dilindungi Gorilla Glass Victus+. Galaxy A55 yang lebih premium ditenagai SoC Exynos 1480. Sementara Galaxy A35 menggunakan Exynos 1380 yang mendukung Galaxy A54.

Kedua smartphone menawarkan RAM 8 GB dan penyimpanan 128/256 GB. Yang menarik perangkat ini dikirimkan dengan OneUI 6.1 berbasis Android 14 dan akan menerima pembaruan hingga Android 18. Namun, tidak seperti seri Galaxy S24, smartphone ini tidak menawarkan fitur terkait AI apa pun.

Galaxy A55 memiliki pengaturan tiga kamera dengan sensor utama 50 MP, lensa sudut ultra lebar 12 MP, dan lensa makro 5 MP. Demikian pula, Galaxy A35 memiliki kamera utama 50 MP, lensa sudut ultra lebar 8 MP, dan lensa makro 5 MP. Sementara Galaxy A55 menawarkan kamera selfie 32 MP, Galaxy A35 memiliki kamera depan 13 MP.

Samsung perkenalkan Galaxy A35 dan A55 dengan fitur kamera andalan dan keamanan Knox Vault Samsung A35 (foto: samsung)

Dalam hal fitur, perangkat ini menawarkan optical image stabilization (OIS) dan video digital image stabilization (VDIS), mode Potret Malam, video HDR 12-bit, dan fitur Nightography yang disempurnakan, yang didukung Pemrosesan Sinyal Gambar AI (ISP) tingkat lanjut.

Samsung juga mengonfirmasi bahwa aksesori seperti Galaxy Fit3, Galaxy Watch6, dan Galaxy Buds SE kompatibel dengan Galaxy A55 dan Galaxy A35 dan menawarkan kemampuan seperti auto connect dan auto switch untuk menambah kenyamanan. Kedua smartphone ini dibekali baterai 5.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 25W.

Galaxy A55 5G tersedia mulai dari harga Rp 5.999.000 dan Galaxy A35 5G tersedia mulai dari harga Rp 4.999.000 dalam tiga pilihan warna, Awesome Iceblue, Awesome Lilac, dan Awesome Navy.

(brl/red)