Lenovo rilis ThinkPad Z13, intip spesifikasi lengkap dan harganya

Lenovo rilis ThinkPad Z13, intip spesifikasi lengkap dan harganya

Techno.id - Jika mendengar kata Lenovo, hal yang terbayang di pikiran kita mungkin berkisar pada laptop, smartphone gaming, all in one PC, dan lain sebagainya. Brand yang kini eksis di kancah global nyatanya memang menyasar sektor barang elektronik seperti yang telah disebutkan.

Dengan spesifikasi yang tergolong kencang, Lenovo menjadi salah satu produk yang kerap dilirik. Produk yang mereka luncurkan hadir dengan kualitas unggulan. Belum lama ini Lenovo juga menghadirkan produk anyar untuk melengkapi jajaran laptop mereka pada lini ThinkPad series.

Lenovo secara global telah merilis ThinkPad Z13 sebagai pembaru marga ThinkPad series sekaligus menjajal performa processor anyar besutan AMD. Pasalnya, ThinkPad memiliki processor kencang AMD 6000 series yang belum lama dirilis.

Melirik performa AMD 5000 series yang telah marak sebelumnya, processor anyar ini menjadi menarik untuk dibahas. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk anyar tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (1/8), spesifikasi lengkap dan harga Lenovo ThinkPad Z13.

Spesifikasi Lenovo ThinkPad Z13

Lenovo rilis ThinkPad Z13, intip spesifikasi lengkap dan harganya

foto: lenovo.com

Lenovo memang tidak pernah gagal dalam memberikan desain pada setiap produk mereka. Tidak terkecuali ThinkPad Z13, Lenovo memberikan tampilan premium dengan dua varian warna Bronze with Black Recycled PET Vegan Leather dan Arctic Grey Recycled Aluminum. Kesan mewah dan elegan tentu hadir pada laptop lenovo satu ini.

Selain memiliki desain elegan, dimensi dan bobot ThinkPad Z13 sendiri tergolong sangat ringkas dan ringan. Pasalnya, dimensi dari ThinkPad Z13 hanya berada di angka 13.99 x 295 x 200mm dengan bobot 1.26kg. Tipis ringkas, ringan, dan elegan sudah cukup untuk mewakili fisik dari laptop anyar ini.

Lenovo rilis ThinkPad Z13, intip spesifikasi lengkap dan harganya

foto: lenovo.com

Meski hadir dengan tampilan yang tergolong ringkas, namun performa Z13 tidak bisa dianggap remeh. Tiga varian processor AMD paling baru bisa dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari AMD Ryzen 5 PRO 6650U, Ryzen 7 PRO 6850U, hingga Ryzen 7 PRO 6860Z bisa dipilih sebagai penghasil performa utama dari ThinkPad Z13.

Sebagaimana yang kita ketahui, U series dari AMD merupakan processor dengan penggunaan daya yang irit. Pembaruan yang ada tentu tidak mengurangi efisiensi daya yang digunakan. Peningkatan performa berkat jumlah cores dan threads yang tinggi juga membantu penggunaan ThinkPad Z13 untuk melibas aplikasi berat.

Lenovo rilis ThinkPad Z13, intip spesifikasi lengkap dan harganya

foto: lenovo.com

Selain processor kencang, Lenovo juga memberikan dua varian kartu grafis yang bisa dipilih. Integrated AMD Radeon 660M Graphics dan Radeon 680M Graphics dapat digunakan sesuai dengan processor yang dipilih.

Komponen lain yang tidak kalah penting adalah layar. Penggunaan nama Z13 tentu bukan tanpa alasan. Angka 13 sendiri merepresentasikan ukuran layar yang digunakan. Pasalnya, ThinkPad Z13 memiliki layar dengan ukuran 13.3 inch 2.8K (2880 x 1800) OLED, anti-reflective, anti-smudge, touchscreen with Dolby Vision, 400 nits, low blue-light display.

Varian layar ini tentu hanya ada pada seri tertinggi dari ThinkPad Z13. Meski demikian, baik varian terendah maupun tertinggi sudah dibekali layar dengan ukuran yang sama.

Lenovo rilis ThinkPad Z13, intip spesifikasi lengkap dan harganya

foto: lenovo.com

Komponen lain yang tidak kalah penting adalah kombinasi RAM dan storage. Sebagai laptop kelas premium, ThinkPad Z13 memilih RAM dengan kapasitas hingga 32 GB LPDDR5 6400MHz (dual channel, soldered). RAm yang digunakan ini dikombinasikan dengan storage berukuran hingga 1 TB PCIe SSD Gen 4.

Selain RAM dan storage ThinkPad Z13 juga memiliki komponen pendukung lain seperti kamera 1080p FHD RGB & IR discrete camera (two total), WiFi 6E* 802.11AX (2 x 2) , Bluetooth 5.2, serta beragam I/O port seperti 2 x USB-C 4, Headphone / mic combo, dan Adapter for HDMI.

Lenovo rilis ThinkPad Z13, intip spesifikasi lengkap dan harganya

foto: lenovo.com

Untuk mendukung kenyamanan dalam menggunakan ThinkPad Z13, Lenovo membekali laptop ini dengan baterai berkapasitas 51.5Wh yang diklaim mampu bertahan hingga 18 jam. Lenovo juga memberikan fitur rapid charge yang mampu mengisi daya baterai laptop ini 80% dalam 60 menit dengan Adapter 65W yang tersedia dalam paket penjualan.

Harga dari ThinkPad Z13 sendiri akan dibanderol mulai dari $1,355.40 atau jika dirupiahkan sekitar Rp 20 jutaan. Harga yang dipatok sebenarnya sesuai dengan kemewahan, performa mumpuni, serta keberagaman fitur dan dukungan lain yang memberikan kenyamanan dalam menggunakan laptop ini.


(brl/guf)