Asus segera luncurkan Zenfone 9, intip spesifikasi lengkap & harganya

Asus segera luncurkan Zenfone 9, intip spesifikasi lengkap & harganya

Techno.id - Asus merupakan salah satu perusahaan yang telah lama memasarkan produk mereka di pasar global. Dengan menghadirkan barang elektronik yang memiliki kualitas unggulan, Asus menjadi brand yang kerap kali dilirik banyak pecinta gadget.

Sebagaimana yang kita ketahui, Asus selalu menghadirkan spesifikasi menarik pada setiap perangkat yang dibuatnya baik smartphone, laptop, komponen komputer, dan lain sebagainya. Keunggulan ini tentu dibarengi dengan banyak pembaruan yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.

Tidak terkecuali produk terbaru dari Asus, Zenfone 9 digadang sebagai penerus Zenfone 8 yang telah lama meramaikan pasar ponsel pintar. Melirik jeroan yang disematkan pada perangkat ini, Asus tampaknya serius untuk menjadikan Zenfone 9 sebagai salah satu kompetitor berat dari brand lain dengan segmen serupa.

Dapur pacu bikinan Qualcomm dipercaya sebagai salah satu penghasil performa tinggi yang mampu digunakan untuk melibas banyak aplikasi berat seperti bermain game dengan setting tinggi. Untuk membahas lebih detail mengenai produk satu ini, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (29/7), spesifikasi lengkap dan harga Asus Zenfone 9.

Spesifikasi Asus Zenfone 9

Asus segera luncurkan Zenfone 9, intip spesifikasi lengkap & harganya

foto: asus.com

Salah satu bagian paling menonjol pada Asus Zenfone 9 ada pada bagian desain. Mengusung konsep ultra-compact, ultra-stylish, dan ultra-speedy, Zenfone 9 digadang sebagai salah satu perangkat yang andal dalam menjalankan segala keperluan.

Desain yang dibawakan Asus pada Zenfone 9 terkesan simpel minimalis dengan empat varian warna Starry Blue, Moonlight White, Sunset Red, dan Midnight Black yang bisa dipilih sesuai keinginan. Dimensi dari Zenfone 9 sendiri membuktikan bahwa tagline yang digunakan bukan isapan jempol belaka. Dengan dimensi 146.5 x 68.1 x 9.1 mm dan bobot 169 g, penggunaan harian dari Zenfone 9 tentu akan terasa nyaman dan mudah digenggam.

Asus segera luncurkan Zenfone 9, intip spesifikasi lengkap & harganya

foto: asus.com

Untuk mendukung penggunaan maksimal dari Zenfone 9, Asus membekali perangkat anyar ini dengan dapur pacu kualitas jempolan. Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm) dengan dukungan Android 12 dan ZenUI memberikan kemudahan untuk menggunakan perangkat ini.

Performa Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm) pada Zenfone 9 tentu sudah teruji kecepatannya. Meski menggunakan chipset paling garang dari Qualcomm, Asus tetap memperhatikan sistem pendinginan pada Zenfone 9. Dibekali pendingin berbasis vapor chamber, Asus mengklaim bahwa ponsel anyar mereka mampu mengurangi panas berlebih untuk mendapatkan performa maksimal.

Asus segera luncurkan Zenfone 9, intip spesifikasi lengkap & harganya

foto: asus.com

Komponen lain yang tidak kalah penting adalah layar. Dibekali layar dengan ukuran 5.9 inch FHD+ (1080 x 2400) Super AMOLED, 120Hz, HDR10+, 1100 nits dengan proteksi Corning Gorilla Glass Victus dan Always-on display memberikan kemudahan dalam menggunakan Zenfone 9 dalam mengakses banyak konten.

Ukuran layar kurang dari 6 inch dipilih Asus untuk memudahkan pengguna dalam menggenggam Zenfone 9 menggunakan satu tangan. Panel Super AMOLED yang digunakan berguna untuk menghasilkan warna dengan kualitas jempolan dalam menampilkan gambar yang ada. Penggunaan refresh rate 120Hz juga dimaksudkan untuk memberikan kemulusan scrolling pada layar perangkat tersebut.

Asus segera luncurkan Zenfone 9, intip spesifikasi lengkap & harganya

foto: asus.com

Dukungan lain yang tidak kalah penting adalah perpaduan RAM dan storage. Dua pasangan ini tentu penting diperhatikan mengingat chipset yang digunakan menduduki peringkat tertinggi dari Snapdragon series. Asus membekali Zenfone 9 dengan RAM dan storage berkapasitas 8 GB / 128 GB, 8 GB / 256 GB, dan 16 GB / 256 GB. Pemilihan kapasitas RAM dan storage perlu diperhatikan mengingat Asus tidak menyediakan opsi ekspansi penyimpanan pada Zenfone 9.

Sebagai salah satu perangkat mumpuni dari Asus, Zenfone 9 hadir dengan dua buah kamera belakang yang memiliki resolusi 50 MP, f/1.9, 26mm (wide) dan 12 MP, f/2.2, 113 (ultrawide). Kamera utama 50 MP pada Zenfone 9 sudah dilengkapi dengan gimbal OIS, LED flash, HDR, dan panorama yang mampu merekam video hingga 8K@24fps. Sedangkan single camera 12 MP, f/2.5, 28mm (standard) pada sisi depan dapat digunakan untuk merekam video hingga 4K@30fps.

Asus segera luncurkan Zenfone 9, intip spesifikasi lengkap & harganya

foto: asus.com

Fitur andalan seperti seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot, Bluetooth 5.2, GPS, NFC, dan beragam sensor diantaranya Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, dan compass turut hadir untuk memberikan kemudahan penggunaan.

Baterai dari Zenfone 9 sendiri memiliki kapasitas 4300 mAh. Dengan baterai lumayan besar ini, Zenfone 9 tentu memiliki ketahanan baterai yang cukup baik. Dukungan fitur Fast charging 30W, USB Power Delivery 3.0, dan Reverse charging juga disematkan untuk memberikan penggunaan maksimal.

Harga dari Zenfone 9 diperkirakan berada di angka 800 EUR atau sekitar Rp 12,1 jutaan. Mengingat performa dengan kualitas jempolan yang diberikan Asus, harga untuk Zenfone 9 sangat terjangkau.


(brl/guf)