Spesifikasi dan harga MacBook Pro M2, dibanderol Rp 21,9 juta

Spesifikasi dan harga MacBook Pro M2, dibanderol Rp 21,9 juta

Techno.id - Pada awal bulan Juni lalu, Apple menyelenggarakan event besar yaitu Worldwide Developers Conference atau WWDC 2022. Pada gelaran akbar tersebut Apple meluncurkan MacBook Pro terbaru dengan chipset M2. Perangkat yang telah ditingkatkan spesifikasinya tersebut kini hadir di Indonesia.

iBox mengumumkan kehadiran MacBook Pro di Tanah Air melalui acara iBoxing Week 2022. Acara tersebut didukung oleh perusahaan Erajaya Swasembada dan Digimap sebagai distributor resmi Apple di Indonesia. MacBook Pro M2 sendiri dibanderol dengan harga Rp 21,9 juta untuk varian 256 GB. Kemudian untuk seri 512 GB dijual dengan harga Rp 25.9 juta. Harga tersebut lebih tinggi Rp 3 juta jika dikonversikan ke mata uang rupiah.

Apple membawa MacBook Pro M2 ke Tanah Air tanpa mengurangi spesifikasinya. Perangkat yang dapat menunjang berbagai aktivitas produktif secara cepat tersebut bisa menjadi pilihan utama. Lalu bagaimana dengan spesifikasi lengkapnya? Kali ini techno.id pada Kamis (28/7) merangkum spesifikasi MacBook Pro M2 yang dirangkum dari website resminya.

1. Desain.

Spesifikasi dan harga MacBook Pro M2, dibanderol Rp 21,9 juta

foto: apple.com

Pada segi desain, MacBook Pro M2 masih menggunakan konsep yang sama seperti MacBook Pro edisi 2020 tanpa poni di layar. Apple memberikan layar Retina berukuran 13,3 inci pada perangkat MacBook Pro M2. Screen tersebut dapat memberikan kecerahan hingga 500 nits dan luas warna P3. Kemudian terdapat touch bar di atas keyboard dan Touch ID yang disematkan. Untuk kelengkapan port terdapat 2 buah Thunderbolt yang mendukung USB 4 dan audio jack 3.5 mm. Pada bagian atas layar terdapat kamera FaceTime HD dengan prosesor sinyal canggih agar dapat mengambil gambar secara maksimal.

2. Dapur pacu.

Spesifikasi dan harga MacBook Pro M2, dibanderol Rp 21,9 juta

foto: apple.com

Hal yang menjadi nilai jual utama dari MacBook Pro M2 ada pada sektor dapur pacunya. Laptop ini telah menggunakan chip M2 yang diklaim lebih kencang hingga 40% dari seri sebelumnya. Bahkan chip lebih cepat 3,4 kali dibanding dengan model tanpa silikon Apple.

Secara teknis chip M2 yang dipasang mempunyai fabrikasi 5 nm gen 2. SoC tersebut dikombinasikan dengan CPU 8 core dan GPU 10 core. Adapun untuk kapasitas memori Apple menggunakan RAM LPDDR5 dengan kapasitas mencapai 24 GB. Apple juga memberikan SSD berkapasitas besar yaitu 2 TB.

Apple memberikan sistem pendinginan aktif pada MacBook Pro M2. Tujuan agar perangkat tetap memiliki suhu yang stabil. Ditambah MacBook tersebut dibekali dengan mesin pengola media dan ProRes terbaru. Dengan fitur tersebut pengguna dapat melakukan pengoperasi berat seperti editing video.

3. Baterai dan fitur lainnya.

Spesifikasi dan harga MacBook Pro M2, dibanderol Rp 21,9 juta

foto: apple.com

Apple tidak secara gamblang memberikan informasi mengenai kapasitas baterai MacBook Pro M2. Namun mereka mengklaim perangkat dapat digunakan selama 20 jam. Untuk pengisian daya dilakukan melalui port Thunderbolt, namun laptop tersebut tidak dibekali dengan charger MagSafe.

Adapun untuk fitur lainnya MacBook Pro M2 dibekali dengan sistem operasi masOS Monterey. Sistem tersebut mampu menghadirkan kecepatan dan responsivitas lebih tinggi pada semua aplikasi yang digunakan. Kemudian terdapat Rosetta 2 yang secara lancar menerjemahkan aplikasi prosesor Intel agar bisa digunakan pada MacBook Pro.


(brl/guf)